3 Manfaat Garam Untuk Tanaman Hias, Jangan Salah Kaprah Begini Cara Penggunaanya !

oleh -19 views

Korandesa.id – Garam yang selama ini diketahui merupakan salah satu bumbu dapur, ternyata menyimpan manfaat luar biasa sebagai pupuk alami untuk tanaman hias. Walaupun sebenarnya bukan hanya garam yang dapat digunakan sebagai pupuk alami untuk tanaman hias, ada juga bahan lain seperti baking soda, micin, kayu manis dan lain-lain.

Namun cara penggunaan garam sebagai pupuk alami untuk tanaman hias ini sering salah kaprah cara menerapkannya. Ternyata penggunaan garam dengan cara menaburkan secara langsung ke media tanah tanaman hias itu cara yang salah. Karena, kandungan zat pada garam akan berreaksi menghilangkan unsur hara penting yang terkandung pada tanah tersebut yang justru unsur hara ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Penggunaan garam sebagai pupuk alami untuk tanaman hias yang benar adalah dengan cara mencampurkan dengan media atau bahan lain. Seperti dicampur dengan ampas kopi, ampas teh hijau, cacahan sampah organik, rendaman cangkang telur. Bahan-bahan tersebut dapat langsung dicampur dengan garam atau dengan cara direndam terlebih dahulu dalam larutan air garam.

Bisa juga dengan cara lain yaitu larutkan garam dengan takaran 1 sendok teh garam dengan 1 liter air. Kemudian kocok agar garam dan air dapat benar-benar larut.  Simpanlah pada botol agar dapat digunakan beberapa kali. Gunakan secara rutin 2 minggu 1 kali untuk menyiram tanaman hias Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Penggunaan dalam jangka panjang, garam sebagai pupuk alami pada tanaman hias ini relatif aman. Karena tidak memiliki efek negatif kalau pun penggunaanya dihentikan tidak seperti pupuk atau obat tanaman kimia.

3 Manfaat  garama untuk pertumbuhan serta kesehatan tanaman hias .

  1. Kebal terhadap hama dan penyakit

Dengan menyiramkan larutan garam secara rutin dan teratur pada tanaman hias kesayangan Anda ini akan mampu mengusir segala bentuk hama yang sering menyerang tanaman hias.

  1. Untuk pertumbuhan

Kandungan zat klorida dan natrium pada garam akan berfungsi untuk memperkuat tanaman hias sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit bahkan mati. Selain dengan penggunaan garam sebagai pupuk pada dosis tertentu akan berfungsi sebagai KCL sehingga tanaman hias akan lebih cepat bertumbuh.

  1. Kesehatan daun

Kandungan zat pada garam diklaim akan mampu mengatasi beberapa masalah yang sering timbul pada daun tanaman hias. Dengan memberikan garam secara teratur maka penyakit yang sering menyerang daun dan bunga tanaman hias seperti  daun tanaman hias keriting, warna daun lusuh, daun dan bunga mudah rontok bahkan membusuk, akan segera teratasi.

Baca Juga : Limbah dapur dapat menjadi pupuk alami untuk tanaman hias 

Selamt mencoba, semoga bermanfaat !

(Ahiday)