4 Jurusan yang Memiliki Peluang Kerja Cemerlang di Era Revolusi Industri 4.0

oleh -56 views

Jakarta, Korandesa.id – Revolusi industry 4.0 yang ditandai dengan transformasi digital telah membawa perubahan besar pada dunia kerja dan dunia industri.

Banyak pekerjaan saat ini maupun di masa depan yang membutuhkan keterampilan baru yang relevan dengan pekerjaan zaman.

Nah, bagi siswa atau mahasiwa yang masih kebingungan dalam mengambil jurusan sekolah atau kuliah, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan informasi peluang kerja yang akan banyak dibutukan di masa yang akan datang.

Informasi tersebut dibagikan lewat unggahan pada akun Instagram resmi Ditjen Dikti pada (20/11).

1.Cyber Security

Cyber Scurity adalah merupakan salah satu jurusan di bidang computer dan teknologi yang akan mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industry, pemerintahan, bahkan individu dari serangan yang akan ada pada dunia maya atau cyber attack.

Peluang kerja yang akan didapat jika kuliah dijurusan ini diantaranya yaitu, Information Scurity, Big Data Architect, Computer ForensicsAnalyst dan Cyber Intelligence Officer.

2.Teknik Robotika dan Artificial Intelligence

Robotika adalah merupakan salah satu ilmu yang lahir dari gabungan dari beberapa bidang ilmu seperti Sistem Mekanika, Elektronika dan Computer.

Di sisi lain Artificial Intelligence sebagai suatu disiplin ilmu komputer  mempunyai aplikasi yang luas untuk pendukung pengambilan keputusan.

Program studi ini berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan artificial intelligence untuk menghasilkan sistem yang cerdas (aoutonomous) yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang.

Peluang kerja yang akan didapat jika mengambil kuliah jurusan ini diantaranya yaitu, Peneliti, Insinyur Robotika, data Scientist dan Software Engineer.

3.Matematika Statistik

Di masa yang akan datang, profesi data scientist akan sangat dibutuhkan banyak perusahaan dan tentunya akan merambah kesegala bidang lain yang terkait dengan sistem terintegrasi.

Peluang kerja yang akan didapat jika kuliah mengambil jurusan ini diantaranya yaitu, Pegawai Bank (account officer), Market Researcher, Data Scientist, Analysis Anggaran dan System Analyst.

4.Bisnis Digital

Jurusan ini merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital.

Secara umum jurusan ini ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai bidang startup digital dan market place.

Prospek kerja yang akan didapat jika kuliah jurusan ini diantaranya, Manajer Akun Digital, Analisis Bisnis Digital, dan Ahli Bisnis Digital.

Itulah 4 jurusan yang memiliki peluang kerja tinggi untuk masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *