6 Kecamatan di Majalengka Terendam Banjir, Warga Diungsikan

oleh -1.150 views

Majalengka, korandesa.idSebanyak 6 Kecamatan di Kabupaten Majalengka terendam banjir akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Majalengka selama seharian penuh.

Diketahui, 6 Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kertajati, Jatitujuh, Sumberjaya, Ligung, Panyingkiran dan Cigasong.

“Dari 6 kecamatan yang dilanda banjir, sampai malam ini (pukul 21.00 WIB) yang telah di asessment (penilaian) sementara ada dua Kecamatan. yakni Kecamatan Kertajati dan Jatitujuh,” ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka, Reza Permana kepada wartawan, Minggu (7/2/2021).

Dikatakan Reza, Dua Kecamatan yang telah di asessment tersebut adalah Desa Biawak, Kecamatan Jatitujuh dan ada 4 Desa di Kecamatan Kertajati yaitu Desa Sukamulya, Mekarjaya, Bantarjati dan Kertajati.

Sementara, 4 Kecamatan yang belum di assesment yakni Kecamatan Ligung, Sumberjaya, Panyingkiran dan Cigasong.

“Ada 4 lokasi (banjir) lagi yang belum di asessment yaitu di Desa Kertasari, Kecamatan Ligung, Desa Lojikobong, Kecamatan Sumberjaya, Desa Leuwiseeng, Kecamatan Panyingkiran dan wilayah Bunderan Baribis, Kecamatan Cigasong,” jelas Reza.

Lebih lanjut Reza mengatakan, kondisi daerah terdampak banjir di Blok Desa, Desa Biawak, Kecamatan Jatitujuh. Ada 14 rumah yang terendam dan 10 Kepala Keluarga (KK) atau 27 jiwa.

“Di lokasi banjir ini juga akses lalulintas tersendat akibat ketinggian air 40cm merendam jalan nasional sepanjang 100 meter,” ujarnya.

Selanjutnya, di Blok Padasuka, Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati. Ada 7 rumah warga yang terendam.

“5 KK atau 20 jiwa yang terdampak dan area pesawahan sekitar 6 hektare terendam banjir. Banjir juga menggenangi jalan kabupaten dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter sepanjang 50 meter,” Kata Reza.

Sementara, di Blok Sukamenak, Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati. Ada 25 rumah warga terendam banjir.

“22 KK atau 88 jiwa dan area pesawahan sekitar 10 hektare yang terdampak banjir. Banjir juga merendam jalan kabupaten dengan ketinggian air mencapai 70 sentimeter sepanjang 100 meter,” jelasnya.

Masih dikatakan Reza, di Desa Bantarjati, Kecamatan Kertajati. Ada 6 Blok terendam banjir.

“200 rumah, 5 fasilitas ibadah dan 2 fasilitas pendidikan terendam banjir. Kurang lebih 400 KK atau 800 jiwa yang terdampak, dan jalan desa sepanjang 1,23 Km terendam air setinggi 20cm,” sambung Reza.

Lalu, di Desa Kertajati, Kecamatan Kertajati. Ada 17 rumah warga terendam banjir.

“18 KK atau 43 Jiwa terdampak, ditambah jalan desa sepanjang 100 M terendam air setinggi 50cm,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, petugas juga telah mengevakuasi warga terdampak banjir yang sedang dalam kondisi sakit.

“Warga belum ada yang diungsikan secara permanen, hanya diungsikan sementara ke rumah kerabat warga terdekat,” tuturnya.

Laporan: Erick Disy Darmawan