7 Fitur Tersembunyi di Aplikasi Zoom Ini Akan Membuat Rapat Virtual Semakin Menyenangkan dan Sedikit Aneh

oleh -160 views
7 Fitur tersembunyi di Aplikasi Zoom ini akan membuat rapat virtual semakin menyenangkan dan sedikit aneh

Korandesa.id – Aplikasi obrolan dan pertemuan video Zoom ini mendadak sangat populer sejak pandemi covid-19 melanda dunia dimana banyak kebijakan baik intansi pemerintah, perusahaan atau pun dunia pendidikan yang mengharuskan bekerja dan belajar dari rumah.

Lepas dari sejumlah rumor rentannya masalah keamanan namun platform rapat virtual ini berkembang dengan pesat. kini fitur enkripsi untuk melindungi akun dan obrolan pada Zoombombing dan kelemahan privasi lainnya sudah diperbaiki.

Platform tersebut juga baru-baru ini menambahkan fitur untuk acara virtual, dan sedang menguji integrasi aplikasi seperti Slack dan Dropbox.

Agar rapat virtual tidak menjenuhkan ternyata ada sejumlah tip, trik, dan fitur tersembunyi yang bermanfaat dan menyenangkan yang dapat Anda temukan untuk meningkatkan pengalaman obrolan video Anda dan membuat rapat video Anda menjadi sedikit lebih aneh.

Dikutip dari CNET berikut ini adalah 7 fitur tersembunyi yang ada pada aplikasi Zoom.

1.Mengubah latar belakang

Agar rapat virtual tidak membosankan Anda dapat mengubah latar belakang video dengan suasana di pantai, pegunungan,luar angkasa, atau dengan latar lainya.

Cara ini dapat dilakukan baik di PC/laptop ataupun menggunakan ponsel, untuk mengaktifkan cara ini sangat mudah yaitu membuka Settings > Virtual Background dan memilih atau mengunggah gambar yang Anda inginkan dari sana.

Namun, Anda harus memastikan bahwa sistem memenuhi semua persyaratan untuk melakukannya.

2.Matikan audio kamera Anda secara default

Dengan mengaktifkan fitur ini pengguna tidak akan direpotkan dengan mematikan kamera atau audio secara manual, jadi rapat virtual akan semakin berkualitas walaupun dilakukan divtempat tidur atau terganggu dengan suara bising dari luar.

Untuk melakukannya, buka Settings > Audio > Mute microphone when joining a meeting, and then Settings > Video > Turn off my video when joining a meeting.

3.Bisukan dan nyalakan dengan bilah spasi

Dengan fitur ini pada saat melakukan rapat dengan aplikasi zoom tidak perlu lagi berebut tombol mikropon dengan peserta lain.

Caranya hanya menekan dan menahan bilah spasi untuk dengan cepat menonaktifkan dan mengaktifkan mikrofon , langsung dari keyboard.

4.Mengkaktifkan filter kecantikan

Fitur Zoom’s Touch Up My Appearance pada aplikasi zomm ini bertujuan untuk mengubah serta menghaluskan penampilan pada saat melakukan rapat di Zoom.

Cara menggunakan fitur ini , klik panah atas di samping Mulai Video. Klik Video Settings, dan di bawah My Video , centang kotak untuk Sentuh Touch Up My Appearance.

5.Siapkan ruang tunggu untuk menambah privasi

Agar rapat virtual tidak diganggu oleh peserta yang lain yang baru bergabung sebaiknya  aktifkan fitur Waiting Room, sehingga kita dapat melihat siapa yang mencoba bergabung dalam rapat sebelum mengizinkan mereka mengaksesnya.

Untuk melakukannya, buka Account Management > Account Settings. Klik Rapat, lalu klik Waiting Room untuk mengaktifkan pengaturan.

6.Bereaksi dengan emoji di layar

Fitru ini memungkinkan peserta memberikan reaksi emoji walaupun peerta tidak diperbolehkan komentar atau mengajukan pertanyaan. Kirimkan jempol ke atas atau emoji tepuk tangan untuk berkomunikasi tanpa mengganggu jalannya rapat virtual.

Untuk bereaksi selama rapat, klik tab Reaction di bagian bawah layar rapat.

Jika penyelenggara rapat mengaktifkan fitur umpan balik nonverbal, peserta dapat menempatkan ikon seperti mengangkat tangan di sebelah nama untuk berkomunikasi.

Setiap peserta akan dapat melihat masukan satu sama lain.

7.Aktifkan tampilan galeri

Fitur ampilan galeri pada saat rapat virtual dengan aplikasi Zoom ini memungkinkan peserta melihat semua peserta rapat sekaligus, bukan hanya orang yang berbicara.

Cara mengaktifkannya, klik tab yang bertuliskan Speaker view di pojok kanan atas. (KD)

BERITA LAIN