Abah Ogi Manfaatkan Bambu menjadi Barang Kerajinan Bernilai jual Tinggi

oleh -155 views

Majalengka,Koran desa.id – Berawal dari sekedar menyalurkan hobby dan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang melimpah di desanya, Abah Ogi warga desa Genteng Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka manfaatkan tanaman bambu menjadi seni ukir yang bernilai tinggi.

Sudah lima tahun abah Ogi manfaatkan tanaman bambu yang melimpah didesanya menjadi sebuah ukiran yang bernilai jual tinggi.

Saat wartawan koran desa berkunjung ke rumahnya, tampak begitu banyak ukiran bambu hasil karyanya, seperti : teko gelas,ukiran dinding, bahkan ukiran ular naga yang terbuat dari akar bambu. Menurut abah Ogi, ia mulai menekuni serius ukiran bambu ini sejak tahun 2015 bersama rekan- rekanya yang tergabung dalam Komunitas Buara Kembang Campaka ( BKC), meskipun ketertarikan ukir- mengukir bambu ini ia geluti dari sejak kecil dan belajar dari orang tua serta masyarakat yang ada di lingkungannya.

Dalam mengembangkan hasil karyanya ini, abah Ogi rajin mengikuti pameran ukiran, baik yang ada di wilayah Majalengka maupun di luar wilayah Majalengka. Bahkan dalam mempromosikan hasil karya karyanya , abah Ogi selalu menggunakan akun facebooknya dan sekarang abah Ogi bisa menikmati hasil dari promosinya. Menurutnya, sèkarang banyak sekali pesanan yang datang langsung ke rumahnya, bukan saja dari wilayah Majalengka bahkan dari luar wilayah Majalengka,seperti Bogor Jakarta Surabaya bahkan sampe dari Timor Lestepun.

Di tempat terpisah Kepala Desa Genteng Bambang Suherlan merasa bangga dengan adanya Komunitas BKC yang bisa menggali potensi yang ada di wilayah desanya. Bambang berjanji siap membantu komunitas BKC dalam segi promosi agar bisa berkembang dan tembus pasar internasional. Bambang juga berharap ada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk memberikan bantuan baik dalam pelatihan maupun promosi ,tuturnya,( KD-09)