Ahyani Siap Wujudkan Impian Masyrakat Cikaracak

oleh -168 views

Majalengka, korandesa.id – Cikaracak adalah sebuah desa di Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka, yang terletak tepat dibawah lereng Gunung Ciremai. Suasananya yang sejuk dan asri membuat betah semua orang yang datang berkunjung ke desa tersebut. Sepanjang jalan memasuki desa Cikaracak kita akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah. Jika kebetulan cuaca sedang cerah mata akan dimanjakan dengan pemandangan puncak gunung Ciremai yang menjulang tinggi terlihat dari jarak yang paling dekat. Kanan kiri sepanjang jalan menuju desa terhamapar hijau tanaman sayuran warga desa dengan bentuk lahan terasering bak permadani hijau di khatulistiwa.

Melihat keindahan alam desa tersebut, wajar bila masyarakat berharap desanya menjadi desa tujuan wisata. Bukan tanpa alasan, selain memiliki pemandangan alam yang indah, desa ini berdekatan dengan beberapa obyek wisata alam di Kabupaten Majalengka.

Ahyani kepala desa Incumben yang terpilih kembali menjadi kepala desa Cikaracak pada pemilihan serentak 2019 beberapa waktu lalu, siap mewujudkan impian masyarakat tersebut. Baginya mewujudkan impian dan harapan masyarakat merupakan medan pengabdian sebagai kepala desa.

Bagi Ahyani menjadi kepala desa adalah medan pengabdian yang dipilihnya mulai dari lingkup terdekat yaitu mengabdikàn diri kepada masyarakat di desa kelahirannya. Baginya pula menjadi kepala desa merupakan dorongan dari masyarakat desa Cikaracak Kecamatan Argapura Majalengka untuk bersama sama membangun desa dan mewujudkan impian yang diharapkan.

Berbekal pengalamannya, Ahyani dedikasikan dirinya untuk membangun desa agar sejajar dengan desa desa lain yang ada di Kabupaten Majalengka, hingga akhirnya pada pilkades serentak 2019 lalu, ia kembali dipercaya masyarakat untuk memimpin desa Cikaracak.

Ahyani telah membuktikan selama 6 tahun menjabat kepala desa, geliat pembangunan di desa tersebut begitu nampak, sarana prasarana infrastruktur pedesaan bisa dibilang cukup baik. Berbagai bantuan pemerintah baik pusat ataupun daerah ia terapkan sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.

Satu hal yang ditekankan Ahyani dari kepemimpinannya di Desa Cikaracak adalah keterbukaan dengan semua elemen masyarakat, setiap kegiatan ia serahkan ke bidangnya masing masing di ruang lingkup pemerintahan desa.

Ahyani bertekad selama kepemimpinannya ia akan terus berupaya membangun Desa Cikaracak dengan transparan serta dapat mewujudkan impian masyarakat menuju desa wisata.

Untuk mewujudkan impian masyarakat terebut, Ahyani sudah mempersiapkan program program pembangunan desa di tahun 2020. ” Ditahun depan ( 2020 ) kami rencananya akan memperbaiki jalan pertanian desa di blok rebo yang menuju akses perkebunan sadarehe, Selain itu, rabat beton dan hotmix jalan di blok papanggungan serta program TPT untuk penanggulangqn longsor dan Rutilahu akan menjadi prioritas kami kedepan”, Jelas Ahyani.

Alasan Ahyani mengedepankan pembangunan infrastruktur didesanya tiada lain untuk menunjang pembangunan sebagai desa wisata kedepan. ” Semoga dengan infrastruktur yang bagus, akses ke desa Cikaracak mudah di jangkau hingga kedepan impian masyarakat yang berharap Cikaracak menjadi desa tujuan wisata bisa terwujud,” jelasnya pula.

Hal lain yang patut diacungi jempol dari Ahyani adalah tekadnya untuk menunjukkan transparansi anggaran desa. Dalam setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan, masyarakat sekitar areal pembanguna dilibatkan sepenuhnya sebagai Tim Pelaksana Kegiatan.

Dilihat dari topografi tanahnya, memang desa Cikaracak sangat pantas dijadikan desa wisata, selain memiliki pemandangan alam yang indah, desa tersebut sangat dekat dengan beberapa obyek wisata alam di kabupaten Majalengka seperti Curug muara Jaya, Bumi Perkemahan Argalingga, perkebunan sadarehe, bukit panyaweuyan dan lainnya. Maka sudah pas kiranya pemerintah daerah segera membenahi desa Cikaracak untuk dijadikan desa wisata. Pinta salah satu warga Desa Cikaracak. ( KD -02 )