Akibat Longsor, Jalur Panyaweuyan Tertutup Tanah Sepanjang 10 Meter

oleh -506 views

Majalengka, korandesa.idBencana alam longsor telah terjadi di Desa Cibunut, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, peristiwa tersebut terjadi pada hari Rabu malam (16/12/2020).

Data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka pada hari Kamis (17/12/2020), menyebutkan bencana alam tanah longsor itu mengakibatkan Jalan Jatilima Panyaweuan tertutup oleh tanah longsor sepanjang 10 Meter.

“Menutup jalan penghubung Desa Cibunut dan Tejamulya sepanjang 10 meter, material lelongsoran sekitar 5 meter dan ketebalan tanah longsor sekitar 1 sampai 2 meter,” Ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka, Reza Permana, saat sedang mengevakuasi timbunan longsor.

Reza mengatakan, bencana alam longsor tersebut selain dari curah hujan yang deras namun kontur tanah dan jenis tanah yang labil sehingga mengakibatkan  terjadinya longsor.

“Selain itu juga lokasi bencana tanah longsor tersebut masuk zona merah pergeseran tanah,” Kata Reza.

Dari pantauan korandesa.id, jalur yang tertimbun tanah longsor langsung dievakuasi menggunakan alat berat beko pada hari Kamis siang oleh Petugas gabungan TNI, Polri dan BPBD untuk membuka kembali jalur tersebut.

Laporan: Erick Disy Darmawan