Antisipasi Bencana Alam, PWI Bersama Forkopimda Majalengka Gelar Aksi Penghijauan

oleh -47 views

KORANDESA.ID, MAJALENGKA – Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam tanah longsor, banjir dan kekeringan di wilayah Kabupaten Majalengka, Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) bersama Forkopimda melakukan aksi gerakan tanam 1000 pohon di lahan kritis, di Kawasan obyek wisata Gunung Karang Pancurendang Kelurahan Babakan Jawa – Majalengka, pada Jum’at (28/02).

Aksi yang digagas PWI Kabupaten Majalengka dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ke-74 ini, mendapat sambutan baik dari Bupati Majalengka DR.H. Karna Sobahi. M.MPd., dan didukung penuh Forkopimda Kabupaten Majalengka.

Dalam Sambutannya Bupati Majalengka DR. H. Karna Sobahi mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan PWI Kabupaten Majalengka dalam memaknai hari Pers Nasional ke 74 ini. ” Saya menyambut baik kegiatan PWI Kabupaten Majalengka dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional ini, karena sangat relevan dengan kebutuhan Kabupaten Majalengka saat ini, seperti halnya penanaman pohon atau penghijauan,” katanya.

Lebih lanjut Karna mengatakan bahwa kabupaten Majalengka termasuk kabupaten rawan bencana. ” Sudah kita fahami bersama bahwa Kabupaten Majalengka merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang rawan bencana, sehingga dalam menghadapi atau menyikapi bencana ini, kita tidak hanya melakukan tindakan solusi tetapi perlu juga melakukan tindakan preventif, salah satunya adalah kembali rakyat diingatkan dan digerakan dengan menanam pohon. Oleh karena itu saya dengan pak wakil bupati akan merancang kembali bagaimana gerakan penghijauan di lahan lahan kritis menjadi program prioritas di tahun 2020,” jelas Karna.

Diakui Bupati Karna, saat ini memang sangat sulit dalam menghadapi cuaca extrim yang berakibat di Kabupaten Majalengka banyak terjadi longsor dan banjir walau dalam sekala kecil. “Oleh karena itu perlu pemikiran kolektif dari kita semua bagaimana penanggulangan bencana alam yang ada di majalengka ini, dengan cara gerakan gotong royong masyarakat kabupaten majalengka untuk kembali diingatkan bagaimana pentingnya penanaman pohon atau penghijauan di kabupaten Majalengka,” harapnya.Sementara itu ditempat terpisah Ketua PWI Kab.Majalengka, Jejep Falahul Alam, S.Sos., menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama seluruh pihak yang telah ikut serta dalam mensukseskan kegiatan penanaman seribu pohon.

Menurut Jejep, gagasan penanaman pohon ini muncul ketika sedang berdiskusi dengan Bupat ketika menghadiri undangan HPN tingkat Nasional di Kalimantan Selatan, Bupati mengusulkan agar peringatan HPN di Majalengka diadakan penanaman pohon. ” Jadi gagasannya itu berawal dari Bupati.Selain kegiatan penanaman 1000 pohon adapun kegiatan lainnya yang diselenggarakan PWI yakni pemeriksaan kesehatan gratis, kegiatan ini atas kerjasama dengan IDI Majalengka”, jelas Jejep

“Penanaman 1000 pohon ini dengan harapan kita bisa menumbuhkan cinta terhadap lingkungan alam sekitar guna mengantisipasi terjadinya bencana alam, Kita jaga alam, Alam jaga kita”, Pungkasnya. ( KD -02 )