Bawaslu Majalengka Gelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif di Garden Hotel Majalengka

Majalengka, korandesa.id – Sekitar 60 peserta ikuti Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif yang di selenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Majalengka kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 18-22 November 2019 yang digelar di Garden Hotel Majalengka.

“Agenda ini out putnya untuk melahirkan para kader-kader, yang nantinya akan menjadi partner Bawaslu,” Ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka H. Agus Asri Sabana, S.Ag,. M.Si., Senin(18/11/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan setelah melalui tahapan seleksi administrasi dan wawancara terpilih 60 orang calon kader pengawasan partisipatif yang akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sekolah kader pengawasan partisipasi (SKPP) untuk nantinya dijadikan sebagai simpul-simpul pengawasan di semua lapisan masyarakat majalengka.

Agus Asri Sabana menjelaskan 60 peserta yang ikut SKPP akan dilatih oleh para narasumber yang berkompeten dibidangnya dalam membangun kader yang mampu menjadi penggerak pengawasan partisipatif pada pemilu mendatang.

” Kita akan latih peserta yang 60 orang ini untuk mampu menjadi motor penggerak pilar demokrasi Kepemiluan, terutama pengawasan partisipatif,” Jelasnya. 

Ketua Bawaslu menegaskan melalui kegiatan ini, para peserta mampu memberikan sosialiasi terkait pentingnya peran aktif masyarakat dalam menyampaikan pelanggaran pemilu yang terjadi. Karena ia menilai sampai saat ini partisipasi masyarakat khususnya di Majalengka dalam menyampaikan pelanggaran pemilu masih kurang.

” Saya harap peserta mampu menjadi relawan yang memberikan pencerahan bagi masyarakat tentang Kepemiluan terutama partisipasi masyarakat dalam menyampaikan temuan pelanggaran pemilu yang masih kurang,” tegas Agus Asri Sabana. 

Ketua bawaslu berharap melalui penyelenggaraan sekolah kader berjalan dengan baik dan sebagai katalisator pengawasan partisipatif pemilu pada pemilu selanjutnya dengan melahirkan kader-kader yang menjadi partner kerja bawaslu untuk memastikan setiap tahapan pemilu diawasi.

” Dengan adanya kegiatan ini mampu menjadi katalisator pengawasan partisipatif pemilu pemilu selanjutnya,” harapnya.

Kegiatan ini akan terus dipantau dan dievaluasi untuk dipastikan para peserta melakukan program rancana tindak lanjutnya.

” bukan tanpa evaluasi kami akan memastikan setiap rencana tindak lanjut yang dibuat peserta sekolah kader pengawasan akan kami followup, tandas Agus Asri Sabana Ketua Bawaslu Majalengka.

(Rick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.