Begini Cara Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Cepat Rusak

oleh -85 views

Korandesa.id –  Ada cara merawat yang harus kita lakukan dan hindari agar baterai ponsel tidak cepat rusak dan dapat berumur panjang.

Selain dari faktor kualitas produk ternyata ada beberapa perilaku dan anggapan  dari para pengguna ponsel yang keliru sehingga baterai ponsel cepat mengalami kerusakan.

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai perawatan umum pada baterai ponsel agar awet adalah jangan pernah menunggu daya baterai ponsel sampai nol persen.

Lakukan segera pengecasan ketika daya baterai tersisa 35 persen atau 40 peresen.

Berikutnya adanya anggapan bahwa mengisi daya baterai ponsel dengan waktu lama akan dapat daya baterai lebih kuat. Hingga ada perilaku pengguna yang mencharge ponselnya samapai semalaman.

Ternyata mengisi daya baterai dalam waktu  terlalu lama akan menciptakan tekanan dari tegangan tinggi hingga dapat mengikis bahan kimia dalam baterai.

Terjadinya pengikisan bahan kimia pada baterai ini akan mengakibatkan baterai ponsel cepat bocor.

Untuk mencegah hal itu beberapa pabrikan ponsel ada yang sudah menanamkan fitur kecerdasan buatan (AI) pada beberapa produk terbarunya.

Kerja fitur canggih ini yaitu akan menghentikan suplai daya secara otomatis ketika daya baterai sudah mencapai 100 persen.

Hal lain yang harus dilakukan agar batterai ponsel tidak cepat rusak adalah jangan menggunakan charger atau pengisi daya yang tidak asli.

Selain dapat merusak komponen kimiawi pada batterai juga dapat menyebabkan batterai meledak.

Nah, itulah beberapa cara merawat baterai ponsel  tidak cepat rusak.