Di Webinar TMP, Nadiem: Dana BOS Bisa Digunakan Untuk Kuota Internet Murid

Nasional, korandesa.id Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, mengatakan sudah lebih dari tiga bulan dana biaya operasional sekolah (BOS) bisa dipergunakan untuk kebutuhan proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19.

Demikian yang disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim, dalam acara Webinar Nasional Kelima Taruna Merah Putih Jawa Tengah dengan tema “Sistem Pendidikan Ditengah Pandemi COVID-19” yang dilaksanakan pada hari Minggu(31/8/2020).

Di situasi krisis pembelajaran saat ini, Mendikbud berikan kemerdekaan kepada kepala sekolah untuk bisa menangani krisis tersebut agar proses belajar mengajar jarak jauh bisa berjalan dengan lancar.

Dikatakan Nadiem, Penggunaan Dana BOS untuk penanganan proses belajar mengajar jarak jauh tersebut diterapkan secara Nasional, baik untuk sekolah Negri ataupun sekolah Swasta.

“Dana BOS Se-Nasional boleh digunakan untuk kuota internet guru dan kuota internet murid, boleh juga digunakan untuk kebutuhan alat TIK, boleh digunakan untuk guru honorer dan boleh digunakan untuk sarana prasarana protokol kesehatan sesuai yang dibutuhkan oleh sekolah,” Kata Nadiem.

Namun sampaikan Nadiem Dana BOS di setiap daerah masih ada yang belum cukup untuk menangani situasi saat ini, dalam mengatasi hal tersebut Mendikbud gelontorkan Dana BOS tambahan sebesar tiga triliun.

“Kita gelontorkan tiga triliun tambahan untuk Dana BOS afirmasi dan Dana BOS kinerja,” Ujar Nadiem.

Di samping itu Nadiem juga menyampaikan saat ini banyak masyarakat yang mengeluhkan tidak terjangkaunya biaya pulsa untuk mengikuti proses pembelajaran jarak jauh.

Menyikapi hal itu Mendikbud langsung melakukan koordinasi dengan Menkeu, Bapenas dan DPR, untuk memperjuangkan keresahan masyarakat.

“Kami berhasil memperjuangkan dana sebesar 9 Triliun, dimana 7,2 Triliun itu untuk pulsa Siswa serta Mahasiswa dan 1,7 Triliun untuk membantu guru-guru baru yang belum menerima tunjangan profesi,” Jelas Nadiem.

(Rick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.