Didin Rolani Minta Pemerintah Segera Lakukan Pemutakhiran Data Penerima Bansos

Majalengka, KD
Pemerintah diminta segera membenahi data penerima program bantuan sosial (bansos). Sebab perbedaan data di antara instansi pemerintah membuat bansos berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), atau pun Kartu Indonesoa Sehat (KIS) tidak tepat sasaran, kata Didin Rolani anggota DPRD kabupaten Majalengka saat menjawab keluhan warga pada acara kunjungan Reses yang bertempat di desa Genteng kecamatan Dawuan Sabtu (16/11).

Menurutnya, harus ada pemutakhiran data penerima program pro rakyat yang jadi andalan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, seyogianya ada koordinasi antara, Badan Pusat Statistik (BPS) dan pemerintah daerah tentang pihak yang berhak menerima bansos.

“Lakukan pemutakhiran data bersama agar terdapat keseragaman data mengenai penerima bansos sehingga penyaluran bantuan sosial tepat sasaran,” ujarnya.

Politikus Partai Amanat Nasional ini juga meminta pemerintah daerah mengerahkan aparatur di tingkat kelurahan untuk mendata warga secara berkala. Menurutnya, pendataan itu juga untuk memastikan penerima bansos sesuai dengan kriteria sebagai warga miskin.

“Melalui pendataan secara berkala akan diketahui warga yang dikategorikan miskin sesuai dengan kriteria penerima bantuan sosial, ada kemungkinan data yang lama sudah tidak relevan misalkan ada anggota keluarganya yang berangkat jadi TKI otomatis keluarga tersebut untuk saat ini tidak lagi masuk kategori miskin,”tandas dia.(sal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.