Disuguhi Teh Rancabali, Kang Hasan Terima Aspirasi Buruh Petik Teh

oleh -24 views

MAJALENGKA,(KD).-Kawasan Rancabali, Kabupaten Bandung, memang dikenal dengan perkebunan teh yang cukup potensial. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur itu, menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Saat berkunjung ke Rancabali, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau dikenal dengan Kang Hasan, disuguhi teh racikan asli Rancabali, oleh para buruh petik teh di kawasan tersebut. Cagub yang merupakan Purnawirawan Jendral TNI AD itu, sempat berbincang dan mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh para pemetik teh.

Salah satu Mandor Buruh Petik Teh, Yusuf mengungkapkan, kedatangan Kang Hasan ke Rancabali, merupakan suatu kebahagian bagi para buruh. Selain bertemu langsung dengan calon pemimpinnya, lanjut Yusuf, para buruh petik teh, juga bisa menyampaikan aspirasi yang dibutuhkan untuk menunjang kesejahteraannya. Salah satunya terkait pelayanan kesehatan, pendidikan dan perumaha .

Kepada Kang Hasan, Yusuf mengutarakan, buruh petik teh sudah mendapatkan fasilitas perumahan dari perusahaan. Namun demikian para buruh berharap pemerintah provinsi bisa menyiapkan perumahan yang lebih baik untuk para buruh. Setidaknya untuk perbaikan perbaikan rumah yang sudah rusak. Sementara untuk kesehatan Yusuf berharap bisa meningkatkan pelayanan BPJS yang sudah ada sehingga lebih baik lagi.

“Suatu kehormatan Kang Hasan mau berkunjung ke sini, sehingga bisa memahami kebutuhan rakyatnya,” ungkap Usuf saat berbincang dengan Kang Hasan, di tengah perkebunan teh Rancabali, Kabupaten Bandung, Rabu (25/4/2018).

Yusuf menilai, program yang disampaikan oleh Kang Hasan merupakan program yang dekat dekat kebutuhan masyarakat Jawa Barat, terutama para petani, buruh dan masyarakat bawah lainnya. Oleh Karenanya, Yusuf berharap, Kang Hasan menjadi pilihan rakyat Jawa Barat, serta segera merealisasikan program yang disampaikan.

“Tadi kami mendengarkan program beliau, cukup bagus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, semoga beliau terpilih, serta komitmen terhadap janjinya,” pungkasnya.

Sementara itu, dengan berpakaian santai, Kang Hasan menyampaikan komitmennya untuk memperjuangkan masyarakat bawah seperti buruh. Menurutnya, para buruh memiliki hak yang sama untuk bisa hidup dengan layak, serta mampu mencukupi kebutuhan hidupnya. Sehingga, pemerintah sebagai pemegang kekuasaan, harus mampu memenuhi hak-hak para buruh.

“Perkebunan teh di Rancabali ini salah satu PAD Jawa Barat yang cukup potensial, dan para buruh pemetik tehnya harus sejahtera, jangan sampai masyarakat sekitarnya justru susah,” ujarnya.

Kang Hasan menambahkan, Jika terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat, dirinya akan terus meningkatkan perekonomian masyarakat desa, melalui pengembangan usaha kecli atau industri kreatif, serta memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitarnya. Kang Hasan juga akan menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan, mulai dari permodalan hinhha pemasaran.

“Di desa harus dibangun perekonomiannya melalui pemberdayaan masyarakat, sesuai dengan program nawacitanya Presiden Jokowi, yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Kang Hasan sempat ikut memetik daun teh bersama para pemetik teh Rancabali, menggunakan mesin khusus dan modern. Sehingga pucuk daun teh bisa lebih cepat dipetik dengan hasil yang lebih banyak.(CBR-Aang)