Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Tanaman Hias Lidah Mertua Memilki Manfaat Luar Biasa

oleh -7 views

Korandesa.id – Lidah mertua yang memiliki nama latin Sansevieria dan dibeberapa daerah di pulau Jawa lebih dikenal dengan sebutan pedang-pedangan belakangan ini menjadi tanaman pavorit bagi pencinta tanaman hias.

Entah siapa yang memberikan julukan lidah mertua untuk tanaman hias genius tripasciata ini.

Mungkin saja karena memiliki bentuk daun yang tajam dan lancip seperti perkataan yang sering keluar dari lidah mertua (lho jadi baper, ya)

Tanaman lidah mertua dulunya hanya dikenal sebagai tanaman hias kelas dua. Hingga dipandang sebelah mata dianggap tanaman yang tidak memiliki manfaat. Hingga hanya digunakan sebagai tanaman pagar saja tanpa perawatan khusus.

Tanaman hias lidah mertua menjadi viral pamornya sejak Badan Antarikasa Amerika Serikat ( NASA) mengumumkan bahwa tanaman hias yang berbentuk seperti pedang  ini efektif untuk menyerap polusi di dalam ruangan.

Dilansir KoranDesa dari chabel yotube Dodi Satria, Ternyata bukan hanya itu manfaat luar biasa dari tanaman hias lidah mertua ini.

Manfaat lain dari lidah mertua jika ditanam di dalam rumah kamu. Yuk, simak ulasan berikutnya !

  1. Dapat menyerap polutan

Tanaman lidah mertua ini sangat bagus jika disimpan di dalam ruangan . Karena akan mampu menyemibangkan kualitas udara di dalam ruangan dengan cara menyerap hamper 107 jenis polutan yang dinetralisir kemudian diubah menjadi oksigen.

Selain itu sangat efektif untuk menyerap polutan dari asap rorok.

  1. Sebagai aroma terapi

Manfaat dari tanaman hias lidah mertua jika ditempatkan di dalam ruangan rumah yaitu dapat dijadikan sebagai aroma terapi.

Tanaman lidah mertua akan mengeluarkan  bau khas yang mampu mengobati sick building syndrome.

  1. Sebagai tonik rambut

Manfaat luar bisa lainnya dari tanaman lidah mertua ini ialah dapat dijadikan sebagai tonik untuk kesehatan rambut dengan cara mengusapkan gel-nya pada rambut dan membiarkanya beberapa lama.

  1. Dapat mengeluarkan aura baik

Menurut fengsui tanam hias lidah mertua ini dapat membawa aur positif untuk penghuninya jika tanaman lidah mertua ini ditempatkan di dalam ruangan rumah Anda.

Dikatakan baik oleh ahli fengsui karena tanaman ini tumbuh secara vertical.

  1. Sebagai obat gigi, kutu dan sakit kepala

Tanaman lidah mertua ini juga memiliki manfaat sebagai obat pereda sakit gigi, sakit kepala dan efektif untuk membasmi kutu rambut.

Dengan memanfaatkan gel-nya yang langsung diteteskan pada gigi, kepala secukupnya.

  1. Penghalau racun

Untuk orang-orang di Afrika tanaman lidah mertua ini dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk penghalau racun akibat dari gigitan ular dan serangga.

Baca Juga : 4 Cemilan Ini Selain Aman Dimakan Sebelum Tidur Juga Dapat Membantu Tidur Lebih

                     Nyenyak

Caranya yaitu dengan menumbuk daun lidah mertua kemudian ditempelkan di tempat bekas gigitannya.

Nah, itulah beberapa manfaat tanaman hias lidah mertua yang jarang diketahui.

Anda tertarik untuk mencoba menanamnya?

(Ahiday)