Eye Sukarya Siap Wujudkan Impian Masyarakat Desa Pasir

oleh -70 views
Eya Sukarya Kepala Desa Pasir Kec. Palsah saat wawancara dengan wartawan korandesa online dikantornya.

Majalengka, korandesa.id – Terdapat banyak medan pengabdian bagi masyarakat untuk membangun negaranya. Bagi H. Eye Sukarya, SE, medan pengabdian yang dipilihnya mulai dari lingkup terdekat yaitu mengabdi di desa kelahirannya sebagai kepala desa. Baginya pula menjadi kepala desa merupakan dorongan dari masyarakat desa Pasir.


Sebelum mengabdikan diri dimasyarakat sebagai kepala desa, berbekal Ijazah S1 Fakultas Ekonomi Universitas Kridatama Bandung, Eye sempat bekerja di PT. Ben Makmur Bekasi sebagai Manager bidang usaha. Hingga akhirnya datang panggilan dari teman-teman serta orang tuanya yang memintanya pulang untuk mengikuti pemilihan kepala desa. Awalnya banyak pihak yang meragukan kemampuan Eye Sukarya, Namun dia coba membuktikan bahwa dia memiliki pandangan dan kemampuan untuk menjadi Kepala Desa.


Dan memang terbukti Setelah dia terpilih dan memimpin Masyarakat desa Pasir Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka, selama 5 tahun berjalan geliat pembangunan di desa tersebut begitu nampak, sarana prasarana infrastruktur pedesaan bisa dibilang cukup baik. Berbagai bantuan pemerintah baik pusat ataupun daerah ia terapkan sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.


Berbeda dengan Lurah di kota, Kepala Desa bukan hanya sekedar jabatan administratif namun juga merupakan penyelesai masalah sosial di desa. Berbekal kejujuran dan keterbukaan, Eye berhasil meraih simpatik dan kepercayaan dari masyarakat.


Satu hal yang ditekankan Eye dari kepemimpinannya di Desa Pasir adalah keterbukaan dengan semua elemen masyarakat, setiap kegiatan ia serahkan ke bidangnya masing masing di ruang lingkup pemerintahan desa. Eye bertekad selama kepemimpinannya ia akan terus membangun Desa Pasir dengan transparan serta dapat mewujudkan impian masyarakat.


Hal lain yang patut diacungi jempol dari kuwu Eye adalah tekadnya untuk menunjukkan transparansi anggaran desa. Di depan kantor desa, dipasang sebuah banner yang menampilkan infografis penerimaan dan penggunaan APBDes Pasir. Selain itu, dalam setiap proyek pembangunan yang dilaksanakan, masyarakat sekitar areal pembanguna dilibatkan sepenuhnya sebagai Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).


Cara ini membuat aparat desa dapat terhindar dari upaya penyelewengan anggaran sedangkan pada masyarakat, mereka dapat mengelola dana desa secara optimal untuk kebutuhan masing-masing kampung. Hal ini dapat menimbulkan sikap saling percaya antara aparat desa dan masyarakat sehingga menimbulkan sinergi dalam pembangunan. ( KD -02 )