Iman Sabumi Luncurkan Album Perdana Bernama ‘Ruang Sunyi Menanti Mentari’

oleh -54 views

Majalengka, korandesa.id Iman Sabumi launching album perdananya di Aula Jatiwangi Art Factory, Rabu (24/2/2021).

Musisi asal Majalengka ini meluncurkan album pertama bernama ruang sunyi menanti mentari.

Album ini ada 7 lagu yang ia tembangkan, yakni di desa saja, di didik situasi, miris di kesendirian, teman sepaham, bunga mawar, cihampelas 91 dan kepada bintang.

Dikatakan Iman, dari ketujuh lagu yang paling memiliki makna terdalam ialah lagu dengan judul di didik situasi.

“Lagu ini merupakan cerminan beberapa tahun ke depan, dimana anak-anak akan menghadapi kesulitan yang lebih dari sekarang,” ujar Iman dalam keterangan yang diterima korandesa.id.

“Lewat lagu ini saya ingin memberikan pola belajar pada anak untuk belajar pada situasi dan kenyataan, karena situasi merupakan pembelajaran yang berharga dan jelas nyatanya.” sambung Iman.

Ketujuh lagu yang berada pada album ini merupakan adaptasi dari perjalanan konsistensi musik yang ia tekuni selama 21 tahun terakhir.

Dimulai dari tahun 1991, dia membuat narasi tentang Cihampelas 91, hingga pada tahun 2020 lalu, narasi tentang puisi teman sepaham ia goreskan menjadi sebuah lagu.

“Sengaja saya ambil penamaan album ruang sunyi menanti mentari ini dimaksudkan untuk membagikan pengalaman saya, bahwa ruang sunyi adalah sebuah ruangan untuk membangun suatu aktivitas,” kata Iman.

“Dengan keyakinan bahwa mentari akan menggantikan ruang-ruang yang sunyi maka mentari selalu melambangkan kegembiraan, mungkin itu album ini diberi label album ruang sunyi menanti mentari.”  tambah Iman.

Salian itu, Iman berpesan kepada musisi lokal di Kabupaten Majalengka untuk setia terhadap karyanya.

Karena menurut dia, setia kepada karya artinya kita sudah memilih pada sebuah pilihan, maka dari itu lakukan dan hadapilah apapun tantangannya.

“Tanpa dorongan teman-teman, saya juga tidak bisa melakukan ini, bisa di hitung dari tahun 91′, baru sekarang bisa bikin lagu,  jadi saya ingin mengajak teman teman semua lakukanlah konsistensi terhadap karya,” tandasnya.

Laporan: Erick Disy Darmawan