Jangan Ngaku Petualang Kuliner Jika Belum Mencicipi Sepuluh Makanan Khas Majalengka

oleh -14 views

Korandesa.id –Makanan khas Majalengka disajikan dengan olahan yang khas berbeda dengan makanan kota-kota lain di Jawa Barat.

Kabupaten Majalengka salah satu kota di Jawa Barat yang berdekatan dengan kota Cirebon. Walaupun masih kalah terkenal dengan Kota Cirebon namun jangan dikira Majalengka tidak mampu menawarkan sesuatu yang berbeda yang membuat Anda terkesan.

Iya, selain memiliki destinasti wisata anadalan yang mendunia, seperti Panyaweuyaan, Bukit Mercury Sayang Kaak, Curug Ibun, River Tubbing Cikadongdong,dll. Anda juga bisa mencicipi berbagai olahan makanan khas Majalengka yang menjanjikan sensai rasa yang berbeda.

Baca Juga : 6 Tempat Nongkrong yang Menarik di Majalengka

Jika Anda berkunjung ke Majalengka jangan lewatkan momen indah Anda bersama keluarga untuk mencicipi sepuluh makanan khas Majalengka ini atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

10 Makanan Khas Majalengka :

  1. Ampas Kecap

Olahan masakan yang satu ini berbahan dari kacang kedelai yang merupakan sisa dari produksi kecap. Makanan khas Majalengka ini sangat nikmat setelah dimasak dipadukan dengan berbagai bumbu, cocok dimakan sebagai pendamping nasi.

  1. Goreng Beunteur

Makanan khas Majalengka goreng beunteur ini memiliki cita rasa yang gurih. Sensasi rasa crispy akan Anda dapatkan saat menyantapnya selain dapat dijadikan cemilan , goreng beunteur ini juga sangat cocok untuk dijadikan teman nasi.

  1. Nasi Lengko

Makanan khas Majelengka yang satu ini merupakan makanan yang biasa disantap untuk sarapan pagi oleh warga Majalengka. Sajian nasi lengko ini sangat sederhana yaitu nasi yang dibumbui kecap dan irisan timun.

Walaupun sekarang ini para pedagang nasi lengko ini sudah banyak melakukan inovasi dengan menambahkan telur ceplok dan saus kacang.

  1. Mie Kecebur

Mie kecebur ini menjadi makanan khas Majalengka karena memang jarang ditemukan masakan sejenis di daerah-daerah lain. Mie kecebur ini sekilas hampir sama dengan mie bakso , namun ada perbedaan dari bumbu yang digunakan pada mie kecebur ini yaitu lebih sederhana.

Menu mie kecebur ini terdiri atas mie soun yang sudah direbus kemudian dicampur dengan kubis dan diberi kuah yang sudah dibumbui.

  1. Jalakotek

Penganan khas Majalengka yang satu ini dibuat berbahan dasar aci dengan tahu cingcang bumbu didalamnya memiliki sensasi rasa pedas. Untuk menambah cita rasa makanan sejenis pastel ini para penjual biasanya menyedikan sambal sebagai saus dengan racikan berbeda dari sambal-sambal biasanya.

  1. Oncom Goreng

Walaupun makanan sejenis ini banyak diproduksi diberbagai daerah, namun untuk oncom goreng Majalengka ini memiliki khas dari sisi pengolahannya. Berbentuk bubuk dipadukan dengan berbagai bumbu rahasia dan dicampur bawang goreng sehingga rasanya begitu gurih dan lezat.

Makanan ini selain dapat dinikmati sebagai makanan cemilan juga dapat dijadikan makanan pendamping untuk toping seperti saat makan mie ayam atau mie bakso.

  1. Tutut

Makanan khas Majalengka berikutnya yaitu tutut. Tutut yaitu sejenis kerang kecil ini biasa hidup area pesawahan atau di selokan air bersih. Pedagang olahan tutut pedas ini banyak tersebar di Kabupaten Majalengka.

Olahan masakan tutut ini menggunakan berbagai rempah-rempah untuk bumbunya selain kaya protein olahan tutut ini juga sangat nikmat untuk dicicipi.

  1. Gula Cakar

Gula cakar adalah salah satu olahan khas majalengka berbentuk kotak persegi berukuran 3×4 cm dengan tampilan warna merah muda menyegarkan. Diolah dari gula pasir dengan campuran dengan soda, gula cakar ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas kota angin.

Walaupun bisa saja dikonsumsi langsung namun, gula cakar ini akan terasa nikmat saat digunakan untuk seduhan teh manis atau kopi. Karena akan memberikan cita rasa yang berbeda dengan gula pasir biasanya.

  1. Kerupuk Miskin

Jangan baper dulu. Karena sebutan miskin untuk kerupuk khas Majalengka ini mungkin saja karena proses pembuatannya yang sangat sederhana. Kerupuk miskin atau kerupuk melarat ini prosesnya tidak digoreng namun disangrai menggunakan pasir.

Kerupuk miskin ini sangat cocok untuk makanan pendamping saat makan bakso, mie ayam atau uleg (lotek).

  1. Kalua Jeruk

Makanan dari Majalengka yang lainya cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah kalua jeruk. Penganan yang berbahan kulit jeruk bali yang dilumuri gula aren atau gula pasir memilik rasa manis yang menyegarkan tubuh.

Nah, itulah sepuluh makanan khas Majalengka, walaupun masih banyak makan atau kuliner yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Majalengka.

(ahiday)