Jelang May Day KBM Majalengka Siap Turun Ke Jalan

Majalengka, korandesa.id – Menjelang peringatan Hari buruh internasional ( May Day ) 1 Mei mendatang ratusan Massa yang tergabung dalam Kesatuan Buruh Marhaenis (KBM) Kwbupaten Majalengka akan turun ke jalan dan menggelar aksi unjuk rasa di Kabupaten Majalengka.

“May Day merupakan peristiwa bersejarah dalam perjalanan perburuhan dunia”, demikian
diungkapkan Ketua DPC Kesatuan Buruh Marhaenis (KBM), Noorsobah MPD., yang akrab disapa ayah Gege.

Lebih jauh Ayah mengatakan, Kesatuan Buruh Marhaenis dalam aksinnya akan menyampaikan berbagai tuntutan untuk membela kepentingan buruh dimajalengka, diantarannya peningkatan kehidupan kesetaraan sehingga para buruh hidup dalam konsep yang berkeadilan. “Kami menilai dengan berbagai kajian yang terukur, sudah selayaknya upah di Kabupaten Majalengka mengalami peningkatan dan secara gamblang akan kami sampaikan kepada unsur yang berkepentingan”, jelasnya.

Dalam aksi ini KBM akan berkoordinasi dengan Pihak terkait sehingga peringatan May Day dapat berjalan dengan baik terlebih aksi ini akan dipusatkan di Kantor Bupati Majalengka.

‎Noorsobah juga berharap agar tidak ada pihak-pihak yang menghalangi buruh dalam melakukan aksi untuk peringati May Day. Dengan demikian, aksi bisa berjalan lancar dan buruh bisa menyampaikan aspirasinya dengan baik.

“Saya mengharapkan tidak ada pencegahan terhadap massa peserta aksi May Day nanti, kita akan undang serikat pekerja lainnya untuk turun aksi” tambah dia.

Beberapa tuntutan dalam aksi nanti diantaranya penghapusan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan, meminta kenaikan UMK yang lebih layak, permasalahan Outsourching dan sistem kontrak kerja yang tidak sesuai dengan UU ketanagakerjaan termasuk mencabut permen no 15 tahun 2018 tentang upah minimum, dan menuntut Pemerintah Daerah untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) yang sampai sekarang tidak dimiliki oleh Pemda.

” Aksi may day ini serentak dilaksanakan oleh Kesatuan Buruh Marhaenis (KBM) di seluruh Indonesia, khusus di Majalengka kita berharap kepolisian dapat mengamankan aksi dengan penanganan humanis pada peserta aksi may day,” pungkas Noorsobah penuh harap. ( KD-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.