Kapolres Majalengka Pantau Terus Pasca Kebakaran Hutan Gunung Ciremai

MAJALENGKA, korandesa.id – Kapolres Majalengka AKBP Mariyono, S.I.K, M.Si. bersama rombongan melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Gunung Ciremai, Jawa Barat.

Pemantauan tersebut berada di Posko Satgas Penanggulangan Karhutla Kawasan TNGC, Komplek Perkemahan Cidewata Sadarehe, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Selasa (13/8/2019).

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono mengatakan (Karhatlu) diĀ Gunung Ciremai yang telah terbakar hingga hari ke-tujuh pasca kebakaran tersebut, kini mencapai 398 hektare.

“Alhamdulilah situasi di atas, berdasarkan laporan dari masyarakat pencinta api, bahwa titik api sudah padam. Namun, tetap kita terus melakukan pemantauan hingga benar-benar api tersebut padam,” ungkapnya.

Menurut kapolres, bahwa saat ini hely tidak bisa lagi melakukan pemadaman, karena adanya angin dan asap maupun kabut, sehingga water boming tidak bisa dilanjutkan.

“Ada sekitar 160 personel Polres Majalengka dan ditambah dari TNI 1 SSK serta BPBD maupun masyarakat pencinta api yang telah disiapkan di lokasi kebakaran Karhutla,” ujarnya.

Kapolres menbahkan, bahwa untuk langkah kedepannya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Seperti, BPBD dan BNPB serta unsur terkait lainnya, untuk melakukan penanggulangan segera agar bencana asap ini secepatnya selesai.

“Kami juga menghimbau kepada warga masyarakat, dengan adanya kebakaran hutan ini, agar mewaspadai adanya satwa yang turun ke pemukiman,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan