KOMINFO SERIUS DALAM UPAYA PENCEGAHAN RADIKALISME DAN TERORISME YANG MULAI MERAMBAH KE DUNIA INTERNET

oleh -26 views

Majalengka, KD – Upaya pencegahan penyebaran faham radikalisme kominfo kabupaten majalengka memenggelar forum komunikasi “Stop Radikalisme, NKRI damai” bersama pelajar, mahasiswa, okp, media, Pemkab, TNI dan Polisi. Di Graha sindangkasih kabupaten majalengka, jum’at(12/10/2018).

Sekda majalengka Ahmad sodikin MM selaku yang mewakili bupati majalengka membuka acara ini dan sekaligus menyampaikan pesan-pesan terutama kepada pelajar dan mahasiswa yang mudah terbawa kepada jalur radikalisme dan terorisme.
“Kita ciptakan suasa saling toleransi sesama umat tanpa memandang golongan, ras, suku dan agama agar negara kita lebih aman dan damai.” ujarnya.

Dr Gugun Suwandi staf ahli kominfo bidang informasi dan media menyampaikan dulu kelompok-kelompok radikalisme merekrut anggota dengan cara tatap muka, namun dengan adanya situs atau laman internet yang menyuarakan ajakan jihad.


“Target dan sasaran kelompok-kelompok radikalisme sudah merambah ke dunia maya sebaiknya kita sebagai masyarakat dalam mengansumsi artikel-artikel atau berita alangkah baiknya kita sebagai bisa memilih dan memilah berita yang tidak menjerumuskan kita ke dalam doktrin paham tersebut.” pungkasnya dalam mengisi materi di publik, jum’at(12/10).

Walaupun tidak melakukan kekerasan langsung, mereka tetap dikatakan melakukan kekerasan, yaitu kekerasan non verbal, yaitu dengan media tulisan dan ucapan.

Selanjutnya Kanit pidum zaenal polres majalengka membawa materi tentang terorisme dan radikalisme.
Rakdikalisme proses dimana individu menjadi semakin termotivasi untuk gunakan cara cara kekerasan untuk cita cita mereka, Terorisme Tindakan kekekrasan yg sebenarnya untuk mengintimidasi masyarakat.
“Sesungguhnya yang dibutuhkan khusunya oleh pemuda yg menjadi sasaran empuk dan gampang terpengaruh oleh ajakan kelompok tersebut, pemuda harus bersikap tegas dan berkata lantang menolak segala tindakan yang bisa memecah belah keutuhan NKRI.” tutupnya. (Erick/KD)