Komunitas Rexion Manfaatkan Medsos Sebagai Bahan Edukasi Tangani Serangan Ular

oleh -94 views

Majalengka, korandesa.id – Berawal dari kegemaran pada dunia reptil puluhan pemuda berasal dari Majalengka yang tergabung dalam Komunitas Reptil Exotic Indonesia (Rexion) yang bertempat di Desa Rajagaluh terus gencar mengedukasi para pelajar dan masyarakat.

Gencarnya edukasi tersebut dapat dilakukan secara langsung atau melalui media sosial, sehingga masyarakat lebih mengerti dan memahami tentang karakteristik reptil.

Ketua Komunitas Reptil Exotic Indonesia (Rexion) wilayah Majalengka Arul, mengatakan selain untuk edukasi, komunitas tersebut bertujuan untuk mewadahi para penghobi reptil sehingga bisa saling berbagi pengalaman dalam pemeliharan dan lainya.

“Edukasi tersebut sudah puluhan kali kita laksanakan, tetapi di dalam masa pandemi Covid-19 ini edukasi tersebut melalui media online yaitu yutube dengan nama channell satwa sunda”. Ucapnya saat di hubungi melalui pesan singkat pada Minggu (18/10/2020).

Selain itu, dirinya dan komunitasnya juga selalu memberikan edukasi tentang tata cara menangani reptil jenis ular baik yang berada di alam terbuka (habitatnya) ataupun di lingkungan rumah penduduk.

apabila berada di habitatnya sendiri disarankan untuk tidak ditangkap, karena pada dasarnya ular akan memilih menghindari manusia dan tidak akan menyerang jika tidak di provokasi atau tidak terdesak.

Kemudian, dilingkungan rumah penduduk dirinya menyarankan untuk menggunakan peralatan septi, tetapi lebih baik menyuruh orang lain yang sudah berpengalaman di bidangnya.

“Alhamduillah komunitas kami selalu mengedukasi tentang reptil kususnya jenis ular, menggunakan peralatan media seperti sapu dan lainya jika hendak menangkap ular yang berada dilingkungan rumah”. Jelas arul, pemuda asal desa rajagaluh ini melalui pesan singkatnya.

Selain Reptil, dirinya berserta komunitasnya selalu mengedukasi dan mengenalkan hewan hewan lainya.

Laporan: Dadan Budi Kusuma