KSM Buniwangi Siap Selesaikan Program SPAM Perdesaan Sesuai Target

oleh -72 views
Beberapa warga Buniwangi sedang mengambil Air bersih di lokasi SPAM Perdesaan Blok Gambreng Dusun Suka asih Desa Buniwangi

Majalengka, korandesa.id – Dalam rangka program pencegahan stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak balita. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) memberikan dukungan penyediaan sarana prasar air bersih dan sanitasi melalui program Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM ) Perdesaan Padat Karya 2019 yang tersebar di 600 desa di 60 Kabupaten/kota.

Program SPAM Perdesaan Padat Karya ini merupakan salah satu program pemerintah dalam pengembangan sistem penyediaan air minum berbasis masyarakat. Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Cipta Karya Tahun 2018, dan tujuan program ini adalah menyediakan sarana penyediaan air minum yang terjangkau dan berkelanjutan bagi masyarakat yang belum memiliki akses air minum yang aman, dan meningkatkan pendapatan keluarga melalui keterlibatan MBR dalam pelaksanaan pembangunan sarana penyediaan air minum. 

Diantara penerima program tersebut salah satunya adalah Desa Buniwangi Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) desa Buniwangi program SPAM Perdesaan padat karya yang berlokasi di blok gambreng dusun Suka asih tersebut disambut antusias warga desa Buniwangi khususnya warga dusun Suka Asih. Mereka merasa terbantu dengan adanya penyediaan air bersih tersebut hampir tiap pagi dan sore puluhan masyarakat berbondong bondong datang kelokasi SPAM untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

Ketua KSM Buniwang Ebeng Sobari mengatakan, saat inì pengerjaan pembangunan SPAM sudah mencapai 95 % tinggal pemasangan pipa sepanjang 1,2 km untuk 60 KK. Sementara air bersih dari sumur pengeboran sudah bisa dimanfaatkan warga. ” setiap hari khusunya pada sore hari puluhan warga suka asih datang dan memanfaatkan pasilitas air bersih tersebut”, jelas Ebeng.

Menurut Ebeng di KSM nya untuk sementara hanya baru akan melayani penyedian air bersih sebanyak 60 KK sesuai pengajuan.” kedepanya dipastikan akan ada pengembangan hingga masyarakat buniwangi bisa terlayani semua,” katanya.

Atas nama masyarakat dan KSM Buniwangi, Ebeng mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah peduli terhadap masyarakat Buniwangi dalam hal penyediaan fasilitas sarana prasarana air bersih, dengan adanya program tersebut masyarakat sangat merasa terbantu, saat kemarau tiba perlu repot lagi mencari sumber air. Ebeng berjanji bersama kelompoknya akan merealisasikan program SPAM tersebut sesuai dengan target dan harapan masyarakat.(Sep)