Kuda Pencak Majalengka Jadi Ikon Majalengka

oleh -29 views

MAJALENGKA, KD
Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka menggandeng Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka (Dekma) menggelar Festival Kuda Pencak di area Pujasera, Majalengka, Minggu (13/5).

Ketua Penyelenggara Festival Kuda Pencak 2018 sekaligus Ketua Dekma Majalengka, Asikin Hidayat mengatakan, kesenian Kuda Pencak ini merupakan pecahan dari Kuda Renggong. Berhubung seni Kuda Renggong sudah di klaim sebagai ikon kabupaten tetangga, dengan demikian keberadaannya Kuda Pencak ini diharapkan menjadi ikon Majalengka.

“Kami meminta kepada Bupati Majalengka dapat mengapresiasi hal ini, ke depan dapat dibuatkan perundang-undangannya yang bisa ditempuh agar Kuda Pencak menjadi ikon Majalengka,” harapnya.

Asikin pun menuturkan, penyelenggaraan Festival Kuda Pencak ini bertujuan bukan untuk ajang sekedar mencari juara belaka, namun diharapkan menjadi momentum untuk memperkenalkan kepada daerah lain khususnya para wisatawan bahwa Majalengka memiliki banyak destinasi dan tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Bupati Majalengka, DR H. Sutrisno SE MSi menuturkan, melalui Festival Kuda Pencak 2018 ini disamping melestarikan bagian dari kesenian dan budaya yang ada di Majalengka, sekaligus upaya memperkenalkan kepada generasi muda Majalengka agar ke depan kearifan lokal ini tetap terpelihara dan dikembangkan keberadaannya.

Lebih jauh, Bupati Sutrisno mengatakan, dengan banyaknya destinasi wisata dan budaya yang dimiliki serta didukung keberadaan BIJB, ke depan Majalengka optimis menjadi spot strategis dan magnet bagi wisatawan domestik maupun manca negara.

Di sela acara Festival Kuda Pencak 2018 berlangsung, dilakukan pengumuman juara dan penyerahan penghargaan kepada pemenang Festival Kaulinan Lembur yang telah diselenggarakan hari Sabtu kemarin (12/5/2018). Peraihan nilai terbaik 1 diperoleh Kec. Panyingkiran, Kemudian Juara 2 oleh Kec. Sukahaji, dan Juara 3 diraih Kec. Cigasong.

Festival Kuda Pencak 2018 dibuka terlebih dahulu dengan aksi dari tiga Kuda Pencak terbaik Majalengka yg dinaiki oleh kedua “buah hati” Bupati Sutrisno. Festival ini diikuti oleh 26 grup Kuda Pencak se-Kab. Majalengka yang sebelumnya telah lolos seleksi.

Tidak seperti biasanya, dalam aksinya itu Kuda Pencak ini melakukan gerakan-gerakan layaknya sedang bertarung dengan pawangnya sehingga spontan mendapat sambutan meriah dan decak kagum dari semua orang yang menyaksikannya. (Eka)