Kurang Lebih 30 Hektare, Lahan di Patilasan Nyai Rambutkasih Ludes Dilahap Api

oleh -40 views
Foto Lahan di Patilasan Nyai Rambutkasih Yang Terbakar

korandesa.id – Majalengka, Lahan Bambu Seluas Kurang Lebih 30 Hektare yang berada di Patilasan Nyai Rambutkasih Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Majalengka Ludes terbakar.

Menurut keterangan dari Lurah Sindangkasih Bendi Supriyadi, S. Sos. Awal kebakaran diketahui sejak dari pukul 10 pagi.

“Dari jam 10 pagi lahan sudah terbakar menurut laporan dari warga sekitar,” Jelasnya. (21/10).

Sebelum petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Majalengka, Koramil 1701/Majalengka dan Polsek Kota Majalengka datang warga setempat sempat saling bahu membahu memadamkan kebakaran lahan tersebut.

Salah satu bagian Unit data dan Informasi di pusdalops PB BPBD Kabupaten Majalengka Gery Septyana khawatir titik api bisa merembet ke lahan yang lain sehingga Tim BPDB bergegas mengendalikan kobaran api agar tidak meluas.

“Kita kendalikan api terlebih dahulu yang mungkin bisa menyebabkan merembet ke area-area lahan lain,” Ucap Gery.

Akibat dari kemarau panjang lahan menjadi kering dan angin lumayan kencang beberapa titik api sulit di padamkan hingga pemadaman sampai tengah malam.

“Akibat dari lamanya pemadaman pertama angin memang cukup kencang dan lahan terlalu kering akibat kemarau,” PungkasManajer Pusdalops PB BPBD Majalengka Indrayanto S.T,. MT.

Pihak kepolisian Kapolsek Majalengka Kota pun masih menyelidiki akibat dari kebakaran lahah tersebut karena sampai saat ini belum ada keterangan jelas sehingga belum dapat disimpulkan apakah kebakaran ini disengaja atau tidaknya.

“Belum dapat di pastikan apa penyebab kebakaran ini kami masih menyelidiki penyebab kebakaran lahan ini karena bisa merugikan banyak pihak,” Tegas AKP Kustadi.

(Rick)