Kuwu Kancana Sulap TPA Jadi Taman Wisata

Majalengka, KD – Sejak diterbitkannya Undang-undang Desa No. 6 Tahun 2014 tentang desa, kini desa memiliki kewenangan untuk mengatur dan menentukan pembangunannya sendiri.

loading...

Begitu pula dengan Pemerintah Desa Kancana Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka Jawa Barat telah berhasil membangun sebuah taman wisata desa yang awalnya merupakan lahan kosong tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dari lingkungan masyarakat setempat.
Berkat kepiawaian sang maestro Opan Diana Kusuma, S.Pd selaku kepala desa. Kini Desa Kancana menjadi desa yang asri,dan sangat nyaman untuk disinggahi.

Dengan tangan dinginnya Opan mensulap tempat pembuangan sampah menjadi taman wisata yang asri. Diujung desa yang tadinya merupakan lahan kosong penuh dengan tumpukan sampah yang bau dan kotor, kini ditempat itu, dipenuhi Gazebo lengkap dengan deretan bangku yang tertata rapi dibawah pohon pohon rindang.

Menurut Opan, dibangunnya taman wisata ini berawal dari rasa keprihatinan melihat tumpukan sampah yang bertahun tahun tidak terurus. “Melihat hal tersebut kami harus berpikir keras bagaimana cara memanfaatkan lahan kosong tersebut agar tidak kumuh. Dan akhirnya sebagai terobosan, kami pemerintah desa kencana menata lingkungan tersebut menjadi tempat wisata desa berupa taman wisata desa.” Jelas Opan.

“Dibangunnya taman wisata desa ini sangat bermanfaat sekali, selain membuat Asri lingkungan desa Kancana, juga dapat dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dan berinteraksi, Serta bisa dijadikan sarana hiburan bagi masyarakat”, jelasnya pula.

Dengan adanya taman wisata iti masyarakat desa kancana sangat antusias, dikala senja mereka kerap kali berkumpul dan bercengkrama di taman tersebut. ” mudah mudahan dengan adanya taman wisata ini dan dari tempat ini kedepan akan tercipta hal hal positif untuk pembangunan desa.” Harap Opan. ( KD-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read more:
Ribuan kader TMP Jabar dukung kampanye Hasanah

Polisi Ungkap Motif Perusakan Kantor BPMD Majalengka

Hasil Pleno KPU Majalengka Karna Tarsono Menang Pilkada Majalengka

Close