Lakukan Cara Ini Agar Warna Daun Keladi Cerah dan Segar

oleh -133 views

Korandesa.id – Ada cara baru yang bisa Anda lakukan dalam merawat tanaman hias keladi agar daun nampak segar dan warnanya makin cerah.

Ternyata merebaknya hobi merawat tanaman hias belakangan ini berefek pada beberapa tanaman yang dulunya dianggap tanaman biasa namun kini banyak diburu untuk dijadikan koleksi.

Beberapa tanaman hias itu bukan hanya algonema atau janda bolong saja namun tak jenis tanaman keladi pun sudah mulai dilirik. Bebarapa alasan para penghobi mulai merawat keladi karena tanaman hias keladi ini selain memiliki keindahan bentuk daunya juga memiliki keunikan warna yang cerah mencolok.

Namun untuk mendapatkan daun keladi yang indah dan sehat tentu saja membutuhkan perawatan yang baik dan tepat. Selain pemupukan, dan media tanam yang baik juga ada perlakuan khusus agar tanaman hias keladi daunya cerah dan segar.

Melansir dari beberapa sumber ,korandesa.id inilah beberapa cara agar warna daun keladi cerah dan segar.

1. Sirkulasi udara yang baik

Untuk mendapatkan daun keladi yang segar hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu memasastikan tanaman hias keladi mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih pot yang berongga dan juga menepatkan tanaman keladi di tempat yang sirkulasi udaranya baik.

 

2. Pemeriksaan yang rutin

Untuk mendapatkan tanaman yang sehat tentu saja harus mendapatkan perawatan yang baik pula. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan tanaman hias bebas dari berbagai serangan hama baik yang menyerang daun ataupun akar tanaman keladi.

Jika ditemukan hama sebaiknya segera menyemprotkan insektisida atau pun obat vitamin agar tanaman hias keladi benar-benar terhindar dari berbagai hama dan penyakit.

 

3. Mendapatkan cahaya matahari

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh berbagai tanaman hias selain untu proses fotosintetis sinar matahari juga mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tanaman.

Untuk mendapatkan daun keladi yang cerah dengan warnanya yang semakin mencolok sebaiknya lakukan penjemuran di bawah sinar matahari langsung, waktu yang baik adalah dengan memanfaatkan sinar matahari pagi.

Pertama kali dijemur mungkin ada daun keladi akan terlihat layu dan terbakar namun tak perlu panik karena ini merupakan bentuk adaptasi saja. Pada penjemuran berikutnya gejala seperti itu tidak akan terjadi lagi.

 

4. Pemilihan media tanam dan pupuk yang baik

Untuk mendapatkan daun keladi yang warnanya cerah dan sehat yang perlu diperhatikan adalah media tanama dan pupuk.

Dalam memilih media tanam untu keladi hindarilah media tanam yang gampang padat. Pilihlah media tanam yang cenderung lembab, porositas yang tinggi dan juga jenis tanah yan gembur agar tanaman hias keladi tumbuh subur dan warna pada daun benar-benar timbul.

Media tanama tersebut lalu campurkan dengan pupuk kandang yang telah disterilkan supaya daun keladi tumbuh sehat dan warna daun cerah.

 

5. Lakukan penyiraman yang teratur

Untuk mendapatkan tanaman keladi yang sehat dan subur sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin karena tanaman hias keladi merupakan tanaman yang snagat membutuhkan banyak air.

Seperti tanaman lainnya keladi juga memiliki fase dorman yaitu dimana tanaman melakukan masa istirahat, pada fase ini tanaman sangat membutuhkan nutrisi terutama yang diserap dari air.

Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari agar tanaman keladi terhindar dari dehidrasi.

 

Itulah beberap hal yang harus dilakukan agar daun tanaman keladi tetap segar dan warna daun makin cerah berwarna. (KD)