Lulusan Baru dan PHK Masal, Jumlah Pencari Kerja Jadi Naik

Majalengka, korandesa.idPandemi COVID-19 tak menyurutkan semangat masyarakat untuk mencari kerja, terlebih lulusan SMA/SMK baru dan adanya PHK besar-besaran yang terus menerpa para pekerja di masa pandemi.

Mereka berbondong-bodong mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja, Koprasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerin KUKM) Kabupaten Majalengka untuk memperoleh Kartu Kuning (AK1) sebagai syarat melamar kerja.

Menurut Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Perluasan Kesempatan Kerja, Wahyu Sudianto, jumlah lonjakan pemohon kartu kuning tersebut terjadi setelah dibukanya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Kabupaten Majalengka.

Tercatat pada bulan Juni saja, dalam kurun waktu satu bulan ada sekitar 6.320 pencari kerja.

“Tidak hanya di masa pandemi saja, pokoknya kalau di bulan-bulan kelulusan atau bisa disebut angkatan kerja baru jumlah pemohon kartu kuning selalu melonjak,” Ujarnya kepada wartawan. Senin(07/9/2020).

Menurut Data yang diperoleh dari Disnakerin KUKM Majalengka terhitung dari bulan Januari sampai bulan Agustus pemohon kartu kuning mencapai 13.848.

Angka tersebut hampir mendekati jumlah pencari kerja pada tahun lalu dengan total 17.776 pemohon kartu kuning dalam satu tahun.

(Rick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.