Mahasiswa KKN-T Gelar Aksi Penyuluhan Pembuatan Arang Sekam Di Desa Kertasari

oleh -65 views
Foto Mahasiswa KKN-T UNMA dan IPB bersama Bapak Camat Kertajati dan warga Desa Kertasari pasca program aksi penyuluhan dan demo pembuatan arang sekam

MAJALENGKA, korandesa.id – Mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dari Universitas Majalengka dan Institut Pertanian Bogor yang bertempat di Desa Kertasari, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan pihak desa dalam menyelenggarakan kegiatan penyuluhan pemanfaatan arang sekam sebagai media tanam hidroponik.

Program kerja tersebut digagas oleh mahasiswa KKN-T berdasarkan potensi yang ada di Desa Kertasari. Adapun  tujuan dari  penyelenggaraan program tersebut adalah untuk memanfaatkan limbah pertanian dan sekaligus menjawab permasalahan kekeringan yang terjadi di Desa Kertasari.

Program kerja penyuluhan pembuatan arang sekam dilakukan di salah satu rumah warga Desa Kertasari, Selasa (2/7/2019).

Proses pembuatan Arang Sekam oleh Mahasiswa KKN-T

Kegiatan penyuluhan ini melibatkan warga dan perangkat Desa Kertasari. Selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa pimpinan dari Kecamatan Kertajati salah satunya adalah  Camat Kertajati.

Menurut Diki Sudiana selaku koordinator pada acara penyuluhan tersebut, para mahasiswa  ingin mengajak masyarakat Desa Kertasari untuk lebih memanfaatkan limbah padi yang ada.

Camat Kertajati mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T UNMA dan IPB sangat bagus karena bisa membantu masyarakat Desa Kertasari lebih memanfaatkan limbah padi yang ada.

“itu sangat membantu kami karena sebelumnya kami juga belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan limbah dari hasil pertanian. Terimakasih karena dengan adanya pembuatan arang sekam  ini menambah pengetahuan bagi para petani disini,” katanya.

Kegiatan ini juga mendapakan apresiasi dari kepala Desa Kertasari dan Camat Kertajati. Sebagai bentuk apresiasi Ia berterima kasih kepada Mahasiswa, karena Mahasiswa telah menyelenggarakan program kerja tersebut dan berbagi manfaat kepada masyarakat Desa Kertasari menganai pemanfaatan arang sekam sebagai alat media hidroponik.