Mahasiswa KNM UNMA Desa Cipicung Manfaatkan Sampah Menjadi Kreatifitas Seni

Foto Mahasiswa KNM UNMA bersama kuwu Desa Cipicung dengan hasil Karya Seninya dari Sampah

MAJALENGKA, korandesa.id – Mahasiswa Universitas Majalengka (UNMA) yang sedang melaksanakan Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) di Desa Cipicung Kecamatan Maja, Manfaatkan Limbah Sampah Plastik untuk di Daur Ulang dan dijadikan Kreatifitas Seni Berupa Icon/tulisan gapura desa tersebut.

Menurut keterangan dari salah satu mahasiswa yang sedang melaksanakan KNM di Desa Cipicung Abijar Algifari, Pemanfaatan sampah plastik merupakan suatu program kerja yang berangkat dari keluh kesah masyarakat sekitar akan dampak negatif sampah, sehingga sampah-sampah plastik bekas kopi, sunlight, makanan ringan dan sebagainya di sulap sekreatif mungkin oleh mahasiswa KNM.

“Agar Sampah yang bisa berdampak negatif pada lingkungan kita manfaatkan menjadi nilai yang positif dan memiliki nilai jual yang lebih bagus,” Terang Abijar Mahasiswa dari Jurusan Informatika Universitas Majalengka.

“Sampah plastik tersebut dikumpulkan dari seluruh blok yang berada di desa cipicung sehingga kita mampu mendaur ulang sampah plastik tersebut ke arah yang lebih bermanfaat,” Tambah Abijar

Sampah plastik yang telah dikumpulkan dimanfaatkan menjadi icon/tulisan desa cipicung yang menyerupai gapura dengan nama “CIPICUNG” yang berbahan play wood dengan ukuran 60×50.

“Besi sebagai penyangga dan sampah plastik yang telah dikumpulkan untuk melapisi play wood yang telah dibentuk nama menjadi nama “CIPICUNG”. Ujar Detian Septian Sopandi Mahasiswa KNM Desa Cipicung.

Selain itu sampah pelastik bekas kemasan macam-macam, Sampah botol plastik yang berukuran 1 liter juga dimanfaatkan sebagai wadah media tanaman gantung.
“Jadi pemanfaatan tanaman gantung ini untuk tanaman sayuran seperti sawi dan tanaman rambat lainnya,” Jelas Septian Fajar Nugraha Mahasiswa Dari UNMA ini.

Dengan hasil daur ulang botol plastik menjadi tanaman gantung, mahasiswa KNM juga ajak Siswa-siswi SDN 1 Cipicung secara serentak untuk menanam sayuran di botol tersebut.
“Tanaman gatung itu sendiri diletakan di SDN 1 Cipicung untuk kenang-kenangan dari mahasiswa KNM angkatan 2019,” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.