Mahasiswa STKIP Yasika Kunjungi Sekretariat PWI Majalengka

oleh -54 views

Majalengka, korandesa.id – Sejumlah Mahasiswa STKIP Yasika Majalengka kunjungi Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kabupaten Majalengka, Selasa ( 17/12 ). Kedatangan mereka langsung disambut Ketua PWI Majalengka Jejep Falahul Alam,. S. Sos.

Para mahasiswa tersebut sengaja datang ke PWI hanya sekedar untuk berbincang dengan para wartawan tentang pentingnya berorganisasi.

Dalam perbincangannya Jejep menegaskan bahwa Aktif dalam beroganisasi akan memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang menjalaninya. Apalagi bagi mahasiswa, ini bisa menjadi bekal bagi kehidupannya ketika terjun di tengah masyarakat nanti.

Menurut Jejep, manfaat berorganisasi bagi dapat melatih tanggung jawab dan akan dilatih untuk menjadi memimpin dalam menyelesaikan sesuatu yang menjadi agenda dari organisasi.
“Dengan belajar menerima tugas dan tanggung jawab dari organisasi, kita bisa akan terus melatih kemampuan untuk berkoordinasi, mempimpin, serta memperkaya rasa tanggung jawab terhadap sesama,”ujarnya.

S

elain itu, sambung dia, beroganisasi juga dapat belajar menyelesaikan masalah. Karena masalah akan selalu ditemukan dalam setiap kegiatan. “Jika aktif berorganisasi, dalam menghadapi masalah jangan dianggap beban yang tidak bisa diselesaikan. Harus percaya bahwa di setiap masalah pasti ada jalan keluarnya,”paparnya.


Menurut dia, dengan banyaknya orang yang terlibat dalam sebuah organisasi, tentunya kita bisa belajar bertukar pikiran dengan yang lainnya saat menghadapi suatu masalah. “Di sana juga kita akan mengetahui cara pandang orang dalam memecahkan masalah. Nah, di situ kita bisa belajar lebih tentang tata cara penyelesaian masalah,”ungkapnya.

Selain itu juga, aktif di organisasi juga dapat menambah relasi. Karena sudah bukan rahasia umum lewat organisasi, bakal menambah relasi. “Dengan berorganisasi, akan selalu ada kesempatan untuk berhubungan dan menjalin kolaborasi dengan pihak manapun, “tukasnya.

Manfaat lainnya, kata ayah dua orang anak ini, dapat melatih kemampuan berkomunikasi. “Bukan cuma soal komunikasi dalam soal pekerjaan, tapi juga dalam soal komunikasi sehari-hari. Misalnya, bagaimana cara membangun suasana yang harmonis dan menyenangkan agar anggota yang yang kita pimpin bisa terus bekerja, nyaman, dan bahagia,”paparnya.

Terakhir, kata dia, di organisasi biasanya akan ada beragam kegiatan yang dilakukan. Tentunya ini akan membuat wawasan dan pengetahuan terhadap hal-hal yang mungkin sebelumnya belum pernah diketahui. “Ini kan akan menambah pengalaman yang tentunya tidak dapat di bangku sekolah atau kuliah, “tuturnya.

Mahasiswa STKIP Yasika, Asep Rian Saptaji mengaku bersyukur bisa bersilaturrahmi dengan pengurus PWI, sehingga banyak belajar akan pentingnya aktif beroganisasi. “Alhamdulillah akhirnya semangat kami kembali berkobar untuk aktif di organisasi. Apalagi saat ini kami tengah menggelar kegiatan pentas seni dan musik yang akan digelar dibkapus kami pada 25-26 Desember 2019 mendatang,”ucapnya. (KD-02)