Mahasiswa UNMA bersama Mahasiswa IPB gelar Sosialisasi dan Pelatihan UMKM Desa Biyawak

oleh -37 views

MAJALENGKA, korandesa.id – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Majalengka (UNMA) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) / Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) mengadakan acara Sosialisasi dan Pelatihan UMKM Desa Biyawak. Diadakannya kegiatan ini dikarenakan melihat banyak potensi yang ada di Desa Biyawak Kecamatan Jatitujuh, Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Biyawak, Sabtu (06/07/2019).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Biyawak beserta jajarannya, Ketua RW Desa Biyawak, Ketua RT Desa Biyawak, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Biyawak serta para tamu undangan yang hadir.

Acara sosialisasi dimulai pada pukul 14.00 WIB yang bertempat di Balai Desa Biyawak. Seminar ini dipandu oleh Master of Ceremony, Ibnu Aqil Al-Angsor dari Universitas Majalengka (UNMA) dan Dwinisa Nur Hamdillah dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Seminar yang diisi oleh Rizal Indra Firmansyah sebagai pemateri dan pengusaha muda yang bergerak aktif dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Majalengka.

Rizal Mengajak Masyarakat Desa Biyawak untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan potensi desa.
“Dengan hadirnya Bandara Internasional Jawabarat (BIJB) di Kertajati secara geografis desa biyawak ini sangat setrategis untuk mengenalkan produknya kepada dunia karena desa biyawak adalah akses menuju bandara dan juga akses menuju jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali),” Ujarnya.

Setelah pemaparan materi dan tanya jawab acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat mengenai produk unggulan yang merupakan inovasi dari Mahasiswa KKN-T/KNM Bersama IPB dan UNMA yakni Kerupuk Serabi.

Pemaparan mengenai pembuatan produk usaha yang dibuat oleh mahasiswa IPB dan UNMA disampaikan oleh Rahmah Ramdhani Mahasiswa IPB dan Riza Alviani Mahasiswa UNMA. Peserta seminar sangat antusias saat pemaparan materi tersebut, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya saat sesi tanya jawab.

ā€¯Mengembangkan Potensi yang ada di Desa Biyawak salah satunya adalah serabi, dikarenakan Masyarakat Desa Biyawak mayoritas adalah pedagang serabi sebagai mata pencahariannya maka dikembangkanlah makanan serabi menjadi kerupuk atau bisa disebut Sowak (Sorabi Biyawak),” Ujar Azizah salah satu Mahasiswa yang sedang mengabdi di Desa setempat.

Melalui acara ini, Mahasiswa KKN-T/KNM Bersama IPB dan UNMA telah memberikan edukasi tentang kewirausahaan dan inovasi produk unggulan UMKM. Semoga acara ini dapat menambah wawasan peserta, motivasi berwirausaha, dan dapat memajukan ekonomi desa melalui UMKM desa.

(Rick)