Mahasiswa UNMA dan IPB persembahkan produk UMKM untuk Desa Palasah

Foto Mahasiswa KKN UNMA Dan IPB bersama Para Pegawai Kantor Desa Palasah

MAJALENGKA, korandesa.id – Sekitar 16 Mahasiswa yang sedang melaksankan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dari Universitas Majalengka (UNMA) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) persembahkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yakni Kripik Singkong Kaca untuk Desa Palasah Kecamatan Kertajati.

Inisiatif mahasiswa ini guna mengamalkan point terakhir dari Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tujuan awal dari KKN ini Mahasiswa dituntut untuk menyasar UMKM dan Ekowisata melalui potensi desa, dengan melihat potensi desa mayoritas perkebunan ditanami pohon singkong mahasiswa langsung garap dan persembahkan produk UMKM untuk Desa Palasah.

“Kita persembahkan produk UMKM sesuai potensi desa yang telah universitas arahkan sebelum pelaksanaan KKN untuk identitas UMKM desa tersebut,” Ujar M. Mahfudin Nawawi Mustofa Selaku Ketua Kelompok KKN Desa Palasah.

Proses Pembuatan Kripik Singkong Kaca

Mahafudin juga menambahkan selain mempersembahkan kripik singkong kaca Mahasiswa juga buatkan packaging dan labeling.

 

“Selain persembahkan kripik singkong kaca kami juga buatkan desainnya sendiri guna menarik perhatian konsumen,” Tambah Mahasiswa Informatika dari UNMA itu.

 

Pihak desa pun sangat apresiasi hasil dari inovasi mahasiswa yang persembahkan ilmunya untuk desa palasah.

 

“Sangat kreatif sekali mahasiswa yang KKN di desa kami karena mereka bisa memanfaatkan potensi desa yang bisa meningkatkan ekonomi desa,” Pungkas PJS Kuwu Palasah Wahyu, S.Ip.

(Rick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.