Mahasiswa UNMA dan IPB sulap limbah sampah plastik menjadi Ecobrick

oleh -26 views

MAJALENGKA, korandesa.id – Mahasiswa Universitas Majalengka (UNMA) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sedang melaksanakan pengabdian terhadap masyarakat yang biasa di sebut Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) di Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh hasilkan sebuah karya Ecobrick dari limbah sampah non organik (Sampah Plastik), limbah sampah ini yang di cercah menjadi bentuk kursi atau meja sehingga sampah sendiri memiliki nilai jual yang baik.

Proses perkuliahan menjadi wadah mahasiswa untuk menimba ilmu, pada dasarnya mahasiswa juga harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi, dengan dilaksanakannya Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) selama kegiatan ini mahasiswa dituntut untuk mengamalkan ilmu-ilmunya yang diperoleh selama dibangku kuliah untuk di aplikasikan di kalangan masyarakat guna memberikan kontribusi mencerdaskan bangsa dan memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar.

“Pemanfaatan sampah plastik ini untuk di jadikan ecobrick , jadi ecobrick tersebut di jadikan kursi di ekowisata sumur kulon Blok Sabtu Desa Jatitengah,” Ujar Candra Nurhafid salah satu mahasiswa dari Universitas Majalengka.

Feri Nurfauzi selaku ketua Kelompok KNM di Desa Jatitengah menambahkan, “Ecobrick itu adalah pemanfataan limbah dari botol plastik yang di isi sampai padat oleh sampah plastik untuk membuat blok bagunan yang dapat digunakan kembali seperti kursi atau meja,” Tambahnya.

Kuwu Jatitengah Udin Nurdin mengapresiasi karya bermanfaat dari mahasiswa UNMA untuk desanya karena sampah yang tadinya tidak berharga menjadi unik dan bermanfaat.

“Sampah yang tadinya kami pandang tidak berharga juga ternyata dapat dimanfaatkan kembali. Hal tersebut membuat kami menyadari bahwa sampah adalah barang berharga jika dapat dimanfaatkan,” Pungkasnya.

(Rick)