MAHASISWA UNMA MEMBANTU MEMBUAT KONSEP DESAIN TAMAN DESA PAGANDON

Majalengka, KD – Pada umumnya, taman desa yang ada tidak representatif hanya berfungsi sebagai penghias desa disamping fungsi sosial bagi warga desa. Padahal taman desa dapat dimanfaatkan untuk fungsi yang lebih luas, yaitu dengan memberdayakannya sebagai sektor pariwisata sesuai dengan visi dari Desa dan didukung dengan sarana dan prasarana yang baik untuk segera di realisasikan oleh pemerintah desa, karena itu perlu adanya Ruang Terbuka Hijau yang penataannya nyaman bagi masyarakat setempat maupun masyarakat pendatang, dengan melihat potensi yang dimiliki oleh Desa Pgandon, di mana Desa Pagandon memiliki sumber daya alam, lingkungan, serta keunikan alam dan budaya menjadi salah satu sektor unggulan yang dapat di kembangkan secara optimal.
Dalam perancangan konsep taman desa ini di komandoi oleh pak kuwu langsung sebagai penanggung jawab dalam sebuah perancangan. Mulai dari lokasi yang akan di jadikan taman, desain taman dan tata letak perlengkapan taman.
Disini kita sebagai mahasiswa KNM Universitas Majalengka memberikan sedikit ilmu untuk merancang sebuah konsep taman desa yang akan di realisasikan pada tahun 2019 di Desa Pagandon.
Diharapkan dengan dibuatnya taman desa membuat Desa Pagandon semakin maju dalam berbagai sektor terutama sektor ekonomi dan pariwisata, serta dapat merawat taman desa agar tetap indah, bersih, dan nyaman agar taman desa tetap menjadi Ikon dari Desa Pagaandon.
Taman desa ini akan dibuat dekat SDN Pagandon karena lahan nya yang kosong berupa lapangan yang tidak terawat serta kurangnya tanaman di area ini. Kondisi ini membuat lahan ini menjadi kurang efektif, sehingga perlu dilakukan adanya penaataan lahan yang lebih baik lagi yaitu dengan dibuat nya taman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yang mengacu pada tahapan proses perancangan lengkap. Proses perancangan dibagi ke dalam empat tahap, yaitu; persiapan awal, inventarisasi, analisis dan sintesis, dan pembuatan konsep.(Erick/KD)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

Read more:
Danramil Kertajati Berikan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Kepada 137 Anggota Banser PAC Kertajati

Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan, Polres Majalengka Razia Penginapan dan Kos-kosan

Menteri Desa :Dana Desa Mampu Tuntaskan Desa Tertinggal

Close