Meluangkan Waktu Disela-sela Kesibukan, Satgas TMMD Tinjau Bendungan Jaman Belanda

oleh -33 views

MAJALENGKA, korandesa.id – Desa Argasari, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, tempat dilaksanakannya TMMD ke-105, Kodim 0617/Majalengka.

Ternyata memiliki bangunan bersejarah, berupa bendungan yang letaknyanya berada di bawah bukit Goa, bernama Pantan Cigowong.

Bendungan tersebut telah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda sekitar pada tahun 1920.

Saat ini bendungan tersebut juga merupakan sumber penghidupan bagi warga sekitar, selain sebagai sumber air minum, juga sebagai pengairan untuk mengaliri sawah dan budidaya ikan.

Namun, karena kurangnya perhatian terutama perawatan dan kepedulian warga sekitar, sehingga tempat tersebut menjadi tidak terawat.

Menurut Ketua Karang Taruna Desa Argasari, Deden Hermawan, bahwa tempat tersebut bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata baru.

“Temat ini bisa saja dikembangkan sebagai destinasi wisata, jika didukung dengan penambahan fasilitas, seperti penyediaan tempat sampah dan lainnya, sehingga bisa menjadi sumber pendapatan daerah bagi Desa Argasari,” ungkapnya, Senin (15/7/2019).

Sementara itu, mendengar obrolan yang disampaikan oleh tokoh pemuda setempat itu, anggota Satgas TMMD ke-105, Kodim 0617/Majalengka merasa tertatik untuk mencoba mencari lokasi tersebut.

Meluangkan waktunya di sela-sela kegiatan pokoknya, Satgas TMMD itu pun meninjau lokasi tersebut.

“Indah sekali pemandanganya” Tapi sayang tempatnya kotor”

Menurut dia, meski ini bukan merupakan sasaran TMMD, namun sebagai jiwa anggota Satgas merasa terpanggil untuk melaksanakan pembersihan di sekitar lokasi bendungan tersebut.

“ini juga sekaligus pembersihan agar saluran air yang menuju ke rumah warga menjadi bersih,” katanya.

Selain itu, bahwa pihaknya juga memberikan penyuluhan kepada pengunjung tentang menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan di area tersebut.

(Rick)