Operasi Patuh Lodaya 2018 Kembali Digelar

oleh -26 views

Majalengka, KD
Polres Majalengka menggelar apel gelar pasukan operasi patuh lodaya tahun 2018 dengan tema meningkatkan kesadaran dan kepatuhan di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di halaman Mapolres setempat, Kamis (26/4).
Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad SIK dan dihadiri jajaran Polres Majalengka, unsur TNI, Satpol PP serta Dinas Perhubungan Kabupaten Majalengka.
Dikatakan Kapolres, operasi patuh lodaya 2018 dimulai hari ini selama 14 hari dari tanggal 26 April sampai dengan tanggal 5 Mei 2018.
Sambung dia, operasi patuh lodaya dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran, keselamatan dan kepatuhan hujum berlalu lintas. Dan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.
“Operasi patuh lodaya 2018 dilaksanakan selama 14 hari mulai 26 April sampai 9 Mei 2018 serentak se Indonesia. Dengan melibatkan jajaran Polres Majalengka, TNI Denpom, Satpol PP serta Dishub Majalengka. Sasaran antara lain tidak menggunakan helm sesuai SNI, kendaraan yang melawan arus, tidak menggunakan sabuk pengaman, berboncengan lebih dari satu orang, pengendara yang masih di bawah umur serta tidak melengkapi surat surat keterangan kendaraan, ” paparnya.
Masih kata Kapolres, di tahun 2017 operasi patuh lodaya banyak yang terkendala standar keselamatan seperti tidak membawa surat surat kendaraan. Diharapkan dengan adanya operasi patuh lodaya ini maka akan timbul kesadaran semua masyarakat dan memahami 5 pilar keselamatan yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yg berkeselamatan serta penanganan korban pasca kecelakaan. Dengan kata lain masyarakat masih banyak yang mengabaikan
kesadaran dan kepatuhan bahkan di tahun 2017 dengan pelanggaran lalu lintas 676.317 lembar tilang dan teguran 164.909 teguran. Diharapkan masyarakat makin sadar dalam berkendaraan dengan memperhatikan aturan aturan yang ada, ” pungkasnya. (Eka)