Panen Raya Kampung Tangguh Raharja di Desa Liangjulang

Majalengka, korandesa.id – Menyambut tatanan kehidupan baru TNI-Polri luncurkan Kampung Tangguh Nusantara Tohaga Lodaya diberbagai daerah.

Di Kabupaten Majalengka Launching Kampung Tangguh tersebut disambut dengan panen raya.

Panen raya yang digelar di Desa Liangjulang, Kecamatan Kadipaten pada hari Kamis (09/7) tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Rudy Syupahriadi, Kasdam III Siliwangi Brigjen Kunto Arif Wibowo, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga, PJU Polda Jabar.

Kampung tangguh yang dinamai sesuai dengan ciri khas daerah masing-masing ini, di Majalengka kampung tersebut diberi nama ‘Kampung Tangguh Raharja’.

Kampung tangguh raharja ini dilengkapi dengan pontensi desa seperti dapur umum, ruang isolasi, kantor pelayanan kesehatan, gudang sembako, tempat hidroponik, lahan pertanian 8 hektar, budidaya ikan, ternak kambing, bibit pertanian dan lain-lain.

Kegiatan ini juga dipantau langsung secara Virtual oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kapolri mengatakan jika di Jawa Barat kegiatan tersebut dimaknai dengan filosofi “Caina herang laukna beunang” pepatah itu menurut Kapolri jika di pedomani semua masalah akan selesai.

Kapolda Jabar melalui Dir Binmas Polda Jabar Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Drs Yudhi Faizal Hambali didampingi Kapolres Majalengka mengatakan, “Keberadaan desa tangguh ini kita memberdayakan masyarakat desa untuk diajarkan bekerjasama kembali, bercocok tanam, ketahan pangan, ketahanan desa dan lain-lain,” Ujar Kombes Pol Drs Yudhi Faizal Hambali.

Diakui Kombes Pol Yudhi program kampung tangguh ini di wajibkan setiap kecamatan minimal membuat satu kampung tangguh.

“Namun di Kabupaten Majalengka ternyata punya kelebihan satu kecamatan ada lebih dari satu kampung tangguh. Ini luar biasa patut dicontoh,” Paparnya.

Di samping itu Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MPd, mengucapkan terimakasih atas penghargaan dari Polda yang telah menjadikan Desa Liangjulang sebagai lokasi launching kampung tangguh di Jawa Barat.

Bupati juga mengajak masyarakat agar tetap waspada dan antisipasi terhadap pergerakan covid-19.

“Apapun zona nya Majalengka, warna apapun yang dimiliki Majalengka, tetap kita harus waspada dan antisipasi,” Ajak Bupati.

(Rick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.