Pembangunan Akan Berjalan Maksimal Jika Semual Elemen Bangsa Ikut Dukung

MAJALENGKA, korandesa.id –  Pembangunan nasional yang dimulai dari pinggiran dan desa-desa akan berjalan maksimal, jika semua elemen bangsa ikut mendukung.

Termasuk dukungan dari TNI, karena dalam UUD Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI disebutkan, bahwa tugas pokok TNI adalah menegakan kedaulatan negara, mempertahankan ke utuhan wilayah NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Menurut Dandim 0617/Majalengka, Letkol Arm Novi Herdian, tugas pokok TNI tersebut, meliputi Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dukungan dan peran serta TNI sangat strategis dalam pembangunan tersebut.

Salah satu contoh agar terjadi pemerataan pembangunan secara nasional, Kodim 0617/Majalengka, sedang melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, tahun 2019, di Desa Argasari, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.

“Tugas ini tidak kalah mulia dan bermanfaat dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya, Jumat (19/7/2019).

Menurut Dandim, TMMD ini juga merupakan salah satu program kerjasama antara TNI dengan seluruh komponen, intansi pemerintah dari pusat hingga ke daerah guna membangun fisik maupun non fisik.

Program fisik tersebut, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan fasilitas-fasilitas umum yang ada di daerah guna kepentingan masyarakat luas.

“Diantarnya pembuatan jalan, mushala, rutilahu, pos kamling, pengecoran gang dan pebangunan TPT,” ungkapnya.

Adapun sasaran non fisik yang di wujudkan, diantaranya kata dia, melalui kegiatan penyuluhan hukum, pertanian, kesehatan, keagamaan, perpustakaan keliling, olahraga bersama.

“Hal ini kami harapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia, untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang anggaota Satgas TMMD ke-105, Koptu Selamet, yang berasal dari Satuan Bataliyon Arhanudse 14 Cirebon, pihaknya mengaku senang dengan adanya program TMMD ke 105 yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0617/Majalengka ini.

“Tentunya ini akan menjadikan pengalaman berharga, karena disela sela kesibukan dalam pembangunan rutilahu milik Pak Momon, bisa berbaur bergotong royang, berkomunikasi dan banyak hal yg didapat bersama masyarakat Blok Cikadu, Desa Argasari, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka,” ucapnya.

Sementara itu, Pemilik rumah yang mendapatkan program Rutilahu, Momon beserta keluaraganya bersyukur dan bahagia dengan adanya program TMMD ke-105 ini.

“Alhamdullilah, dengan adanya program TMMD ke-105 ini, rumah kami bisa dibangun dengan layak, sehingga kami sekeluarga bisa merasa nyaman,” tukasnya.

(Rick)

Tinggalkan Balasan