Pembekalan KNM, Rektor UNMA: Tengah Pandemi, Pertahankan Ketahanan Pangan

Majalengka, korandesa.id – Sekitar 651 Mahasiswa Universitas Majalengka dibekali pemahaman menjelang pelaksanaan Kerja Nyata Mahasiswa (KNM).

Dalam pelaksanaan tersebut, sebelum memasuki ruangan Auditorium mahasiswa di wajibkan memakai masker dan dicek suhu badan terlebih dahulu.

Dikatakan Rektor Universitas Majalengka, Prof Dr Ir H Sutarman, M Sc, Kerja Nyata Mahasiswa ini adalah salah satu mata kuliah yang tercantum dalam kurikulum.

Namun karena dampak pandemi COVID-19, untuk sementara UNMA dalam melaksanakan proses belajar mengajar dilakukan secara Daring, namun untuk pelaksanaan KNM, UNMA memilih dilakukan secara Luring.

“Langsung di lapangan, karena peran dari KNM ini bukan hanya untuk kampus tetapi juga untuk berkontribusi dengan masyarakat,” Kata Prof Sutarman, Rabu(05/8).

Sedangkan dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, Rektor Prof Sutarman, menyadari bahwa peserta KNM yang terdiri dari 651 Mahasiswa itu harus dibekali tentang bagaimana cara untuk mengedukasi masyarakat dalam mengimplementasikan protokol kesehatan.

“Kami selalu berkoordinasi dengan institusi terkait, dengan BPBD, dengan Gugus COVID-19 Kabupaten,” Ujarnya kepada wartawan.

Masih dikatakan Prof Sutarman, sehingga dalam pelaksanaannya Bupati Majalengka sebagai ketua Gugus, mendukung terhadap program KNM yang saat ini akan dilakukan oleh UNMA.

“Kami ingin memberikan pencerahan kepada masyarakat bagaimana dalam menyesuaikan kondisi baru ini,” Tutur Prof Sutarman.

Tema KNM saat ini juga tidak hanya percepatan pencegahan COVID-19, melainkan juga untuk memberikan dukungan kepada masyarakat dalam mempertahankan ketahanan pangan dimasa pandemi.

“Dengan adanya COVID-19 ini, jelas ketahanan pangan di manapun tergerus. artinya ketahanan pangan di Majalengka harus tetap dipertahankan walau pun dalam kondisi pandemi,” Jelas Prof Sutarman.

Lanjutnya, selain ketahanan pangan KNM UNMA juga mendukung dalam hal bisnis pangan masyarakat.

“UMKM yang di bidang pangan harus dukung dan di support agar menghasilkan komoditi hasil pangan yang baik,” Tandasnya.

Pada kesempatan itu juga Sekertaris Daerah Kabupaten Majalengka, Drs H Eman Suherman MM, memberikan pesan kepada mahasiswa Universitas Majalengka (UNMA) yang akan mengikuti pelaksanaan KNM.

Disampaikan Eman, Dia berharap pada mahasiswa yang mengikuti KNM jangan sampai tidak memperhatikan protokol kesehatan.

“Jangan sampai terjadi adanya klaster KNM, Akibat kita lalai, kalau kita tidak ingin itu ya kita jangan sampai lalai,” Pesannya.

Masih dikatakannya, dalam memutus mata rantai COVID-19 ia ingin mahasiswa dengan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Majalengka menjadi corong dalam berperan aktif untuk mendisiplinkan masyarakat.

“Namun di samping itu mahasiswa juga harus membekali diri, jangan sampai lupa terhadap protokol kesehatan yang harus dilaksanakan,” Ujar Eman.

Menurutnya dengan hadirnya KNM ini mudah-mudahan masyarakat bisa terbantu untuk diingatkan betapa pentingnya agar kita semua bisa terhindar dari virus Corona.

(Rick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.