Pemprov Himbau ASN Di Jawa Barat Untuk Gunakan Bandara Kertajati

MAJALENGKA, korandesa.id – Dalam rangka mengoptimalkan pengoperasian bandara Internasional Kertajati, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengedarkan imbauan kepada aparat sipil negara (ASN) untuk menggunakan Bandara Kertajati dalam penerbangan perjalanan dinas.

loading...

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Kartiwa dalam acara ‘Sosialisasi Layanan Penerbangan Melalui Bandara Kertajati kepada Organisasi Perangkat Daerah di Ciayumajakuning dan sekitarnya’ di Area Kedatangan Internasional Bandara Kertajati, Jumat 8 Maret 2019. Hadir Kepala Daerah di Ciayumajakuning, Kesultanan Cirebon, Asosiasi Pariwisata dan Hotel, airlines, biro perjalanan dan stake holder lainnya.

“Kita lakukan sosialisasi secara masif dari diri kita sendiri termasuk saya. Serta memerintahkan kepada 57 ribu ASN yang ada di Jawa barat untuk menggunakan bandara ini sebagai jasa penerbangan,” kata Iwa dalam sambutannya.

Penekanan itu juga dikatakan Iwa berlaku untuk ASN yang ada di kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), sebagai daerah terdekat dengan Bandara yang juga sudah terkonektivitas dengan Tol Cipali. Tercatat ada 15 juta jiwa di kawasan ini yang sedianya bisa memanfaatkan Bandara Kertajati untuk kebutuhan transportasi udara.

“Diharapkan Ciayumajakuning dan sekitarnya , terutama tuan rumah Majalengka diharapkan pemenuhan Bandara ini bisa dilakukan,” imbuh Iwa. Sejalan dengan pembangunan Tol Cisumdawu yang juga bisa mengcreate penduduk di wilayah selatan Jawa Barat. “Karena Cisumdawu ini separuhnya bisa selasai Septmber 2019.”

Sejak diresmikan tahun lalu pengoperasian Bandara ini dirasa belum optimal. Iwa menyadari, pembangunan bandara yang sudah susah payah dibuat ini harus dimaksimalkan potensinya. Bandara Kertajati sendiri dalam pembangunannya dilakukan Pemprov Jabar melalui BUMD PT BIJB. Sedangkan untuk sisi udara pembangunan dilakukan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

“Jadi sudah seharusnya kita ASN untuk berkontribusi. Apalagi ASN Jabar kini memiliki Bandara ini karena adanya saham sebanyak dua persen,” tuturnya.

Dengan adanya imbauan kepada ASN ini menurutnya, penerbangan di Bandara Kertajati juga akan terus bertambah dan maksimal. Tingkat keterisian penumpang yang belum mencapai 50 persen diharapkan bisa meningkat. “Ini supaya load factor atau keterisian diatas 80 persen,” ungkapnya.

Masih menurut Iwa, selain imbauan kepada para ASN, pemprov juga terus mendorong berbagai sarana peasarana termasuk akses jalan tol cisundawu menuju bandara yang diharapkan September 2019 bisa rampung.

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana menyadari Bandara Kertajati tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan multipihak. Sehingga Pemerintah Daerah harus terus memberikan dukungan dengan melengkapi infrastruktur dan maksimalkan potensi yang dimiliki seperti pariwisata lainnya.

“Tujuan Bandara ini hadir untuk meningkatkan ekonomi Jawa Barat, khususnya Majalengka. Sehingga kami memahami, dimana Pemerintah Daerah terus melakukan pembenahan dengan membangun sarana prasarana pendukung,” jelas Tarsono.

“Kami yang memiliki potensi pariwisata unggulan akan membuka juga gerbang investor sebagai daya tarik. Kita enggak akan berbelit, karena kita ingin Majalengka menjadi pusat pertumbuhan baru dengan adanya Kertajati ini,” lanjutnya.

Direktur PT BIJB M Singgih mengatakan sudah ada 11 rute penerbangan dari lima maskapai yang terlayani dari Bandara Kertajati. Rute itu menuju Surabaya, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Lampung, Palembang, Balikpapan dan Tarakan. Penerbangan internasional baru untuk perjalanan Umrah.

“Jika keterisian bisa konsisten dengan load factor tinggi ini tentu akan konsisten melakukan penerbangan setiap hari. Tapi kita optimis sosialisasi ini akan meningkat load factor,” ucap Singgih. (KD – 02 /HMS BIJB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

Read more:
Kepergok, Pencuri HP di Majalengka Diamuk Massa

35 Anggota Polres Majalengka Dapat Reward Dari Pimpinannya.

Bandara Kertajati Resmi Layani Penerbangan Reguler

Close