Pengamalan Pancasila Harus Tertanam Pada Kader TMP

oleh -15 views

MAJALENGKA, KD
Kader Taruna Merah Putih (TMP) harus mampu menjalankan Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihapalkan tetapi harus diamalkan dan diterapkan dalam sikap, tutur kata, dan perbuatan sehari-hari melalui pencerminan nilai-nilai Pancasila. Karena itu, para kader TMP pun harus bisa menjiwai pengabdian kita kepada bangsa dan Negara.

Amanat tersebut disampaikan Ketua DPP Taruna Merah Putih Maruarar Sirait ketika memberikan motivasi dan arahan dalam kaderisasi TMP di Gedung SKB Majalengka, Minggu (13/5).

Menurut Maruarar, yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, generasi muda, termasuk kader TMP, harus pula mengerti arti penting Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila dipergunakan sebagai dasar (fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.

“Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, Pancasila sebagai pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai tujuannya melalui realisasi pembangunan serta menjadi alat pemersatu bangsa. Kita harus bisa menjalankan Pancasila dalam kehidupan nyata,” tegasnya.

Serupa dikatakan Utut Adianto, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, yang terus menyemangati kader TMP. Utut berharap, kader TMP mampu berdiri paling depan dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Majalengka Sutrisno menyebutkan, para kader TMP harus meneruskan cita-cita para pendiri bangsa (founding father) agar dapat menjalankan Pancasila sebagai salah satu sumber berkehidupan sosial, selalu mengutamakan kebersamaan atau gotong royong dalam melaksanakan pembangunan.

Hal senada ditambahkan Ketua DPC TMP Majalengka Eka Fajar Irianto. Menurut Eka, para kader TMP harus mampu berbuat baik dan bijak dalam berkehidupan sosial, dengan berlandaskan semangat Pancasila.(Eka)