Perangi COVID-19, Dan Lanud Sugiri Sukani Gelar Operasi Yustisi di 3 Titik Wilayah Majalengka

oleh -35 views

Majalengka, korandesa.id – Dalam rangka memerangi penyebaran Virus COVID 19 di Kabupaten Majalengka serta mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol Kesehatan, TNI Angkatan Udara yang bermarkas di Lanud Sugiri Sukani menggelar operasi penegakan disiplin Prokes 3M di tiga titik wilayah kabupaten Majalengka.

Operasi yustisi yang dilaksanakan serentak pada hari Rabu (03/04) kemarin melibatkan puluhan personil TNI AU yang di bagi di beberapa titik diantaranya, Alun alun Leuwimunding, pertigaan jalan Sumbejaya dan perapatan Kadipaten.

Danlanud Sugiri Sukani Letkol Penerbang Dhian Rahmat Infantoko melaui Kepala Dinas Logistik (Kadislog) Mayor Tek Subekti mengatakan operasi yustisi yang dilakukan jajarannya merupakan rangkaian kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala micro di Kabupaten Majalengka. ” dalam rangka membantu pemerintah kabupaten Majalengka menekan angka penyebaran virus Covid 19, kami jajaran TNI AU Lanud Sukani pada hari Rabu ini melaksanakan giat operasi yustisi di tiga titik wilayah kabupaten Majalengka diantaranya kecamatan Leuwimunding, Sumberjaya dan Kadipaten. Dalam hal ini kami mensosialisasikan pelaksanaan PPKM kepada masyarakat dengan memberikan reward dan punishment kepada mereka yang tidak menggunakan masker. Disini kami menekankan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan”, jelas Subekti saat ditemui di Alun alun Leuwimunding pada Rabu (03/04/2021).

Menurutnya kegiatan operasi ini dibantu oleh Koramil, polsek dan camat setempat dengan personil TNI AU ditiap kecamatan 10 orang anggota.”Kami disini dibantu oleh aparat kecamatan yaitu koramil, polsek, satpol PP dan camat. Adapun masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker, kita kasih hukuman berupa sanksi sosial mengucapkan Pancasila, Rukun Iman dan Rukun Islam. Hal ini hanya untuk mengingatkan betapa pentingnya menggunakan masker, karena dengan menjaga diri otomatis akan menjaga keluarga mereka juga,” kata Mayor Subekti.

Dalam kesempatan itu Mayor Subekti Meminta masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu selalu menggunakan masker salam beraktifitas, jaga jarak dan jauhi kerumunan serta sering sering mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Sementara itu pada kesempatan yang sama kepala desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Uha Suhadi merasa bangga dengan hadirnya jajaran TNI AU dari Lanud Sugiri Sukani yang telah membantu mengingatkan masyarakat di wilayah Leuwimunding untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M.

Dari pantauan korandesa.id dilapangan, dalam operasi yustisi tersebut didapat 39 pelanggar prokes, semua pelanggar tersebut diberikan sanksi teguran berupa sanksi sosial dan di data. (***)