PERBAIKAN DAN PEMBERSIHAN JALUR DRAINASE DI DESA CIKALONG KECAMATAN SUKAHAJI OLEH KNM UNIVERSITAS MAJALENGKA

Majalengka, KD – Pada dasarnya perbaikan jalur drainase sendiri sangatlah penting bagi lingkungan sekitar agar lingkungan tersebut menjadi lingkungan yang aman, nyaman serta dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar. Tidak terlepas dari itu jalur drainase itu sendiri apabila tidak tertata dengan benar dan dibiarkan begitu saja (tidak di urus) maka ini akan menjadi masalah atau hal yang besar bagi masyarakat sekitar.

loading...

Masalah terbesar itu sendiri ialah banyaknya sampah yang menumpuk atau yang berserakan di jalur drainase tersebut atau bisa juga rendahnya ketinggian dari jalur drainase itu, masalah semacam itu jangan sampai terlalu di sepelekan karna apabila hal itu sendiri disepelekan mungkin akibatnya sangatlah besar, kemungkinan dapat menyebabkan tergenangnya air dan itu lama kelamaan dapat menimbulkan banjir dilingkungan masyarakat tersebut.

Kami sendiri sebagai mahasiswa universitas majalengka yang sedang melakukan Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) di desa cikalong kecamatan sukahaji dapat membantu permasalahan yang berada di desa Cikalong ini terutama masalah jalur drainase itu sendiri.

Banyak di daerah cikalong tersebut masalah jalur drainase yang tidak tertata dengan benar atau kurang nyamannya dari lingkungan sekitar, mulai dari menumpuknya sampah-sampah di jalur drainase itu sendiri, kurang tingginya kedalaman drainase tersebut sehingga dapat menyebabkan air akan mudah meluap ke area lingkungan masyarakat sekitar serta buntunya jalur drainase tersebut atau tidak ada sambungannya lagi.

Kami sendiri dan dibantu dengan warga sekitar langsung bergotong-royong dan bergegas membantu permasalahan yang berada di desa cikalong tersebut. Diantaranya, kami langsung kerja bakti ( area atau jalur drainase yang tertimbun banyak sampah.

Tidak hanya itu, kami juga menggali jalur drainase yang kurang tinggi atau yang sangat rendah, agar jalur drainase tersebut bisa menampung air yang mengalir dan dapat mengalir lancar ke jalurnya.

Setelah kedua masalah itu sendiri selesai, kami pun langsung memperbaiki masalah yang ketiga, yaitu tidak adanya sambungan jalur drainase tersebut. Saat memperbaiki sambungan itu kami berencana untuk menggali kembali jalur drainase yang tidak ada sambungannya dan memutuskan mengalirkan sambungannya itu ke sungai yang dekat dengan sambungan tersebut.

Dan setelah semua masalah ketiga selesai, kami selaku Mahasiwa Universitas Majalengka yang sedang mengemban tugas dari kampus untuk bersosialisasi kepada masyarakat atau disebut juga dengan Kerja Nyata Mahasiwa (KNM) berharap untuk kedepannya tidak akan ada lagi masalah-masalah dibagian jalur drainase tersebut

Semoga apa yang kita bantu selama kita KNM dapat bermanfaat bagi desa cikalong itu sendiri, dan desa cikalong dapat berkembang/maju dari yang kami harapkan.(Erick/KD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read more:
Anggota Komisi V DPR RI Evaluasi Kesipan Bandara Kertajati

16 Partai di Majalengka Lakukan Penyerahan Berkas Caleg

Jajaran Polres Majalengka Sita Puluhan Miras, dan Jaring Sepuluh Pengunjung Cafe tanpa KTP

Close