PGK Bersama Organisasi Kemahasiswaan di Jawa Barat Gelar Aksi Pengabdian Kepada Masyarakat

oleh -46 views

Bandung, korandesa.id – Disaat gunjang ganjingnya perpolitikan Indonesia beserta redupnya peran fungsi mahasiswa di masyarakat, Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Provinsi Jawa Barat beserta organisasi lainnya, seperti BADKO HMI Jabar, GPII Jabar, Gema Mathla’ul Anwar Jabar, Macan Asia Jaya Kota Bandung, Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Bandung, memotori pandangan elitis para aktivis yang dianggap sudah pragmatis oleh kalangan masyarakat.

Kegiatan yang bertema “Pengabdian Masyarakat Ramadhan Berkah” digagas sebagai wujud jawaban dari pertanyaan tersebut. Ahmad Yani selaku sekretaris Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Jawa Barat mengungkapkan, dengan kegiatan ini dapat mentralisir pergolakan politik bangsa. Acara tersebut digelar sejak tanggal 7 Mei sampai dengan 2 juni 2019, bertempat di kampung Lebak Jero, Kec. Nagreg, Kab. Bandung-Jawa Barat, mendapat antusias dan apresiasi dari masyarakat maupun perangkat pemerintah setempat, (02/06/2019).

“Dari awal perencanaan kegiatan, kami sepakat bahwa kegiatan ini gagas selain untuk mengisi waktu bulan Ramadhan, bisa menjadi antitesis bagi stigma masyarakat terhadap para aktivis yang enggan bermasyarakat (kegiatan-kegiatan sosial), sekaligus cooling down pasca pemilu,” ungkapnya.

Lanjut Ahmad Yani, dari hasil penelitian hasil survei sebelum kegiatan, mereka menemukan beberapa hal yang perlu dihidupkan.

“Dari hasil temuan, kami punya 4 fokus program penting yang di prioritaskan, seperti Pendidikan (mengajar), Keagamaan, Kebangsaan serta mendorong masyarakat agar berwirausaha. Alhamdulillah kegiatan ini cukup berhasil, karena hampir semua program terlaksana,” ujar sekretaris PGK tersebut.

Pisah sambut anatara panitia dengan masyarakat di hadiri oleh ketua DKM masjid Al Munawaroh, Ketua RW 11, para guru serta murid-murid. Kusnadi selaku ketua RW mengapresiapi dan merasa terbantu dengan kegiatan yang digelar oleh para aktivis mahasiswa.

“Saya selaku pemerintah setempat mewakili pak kades, mengapresi kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, jarang ada mahasiswa/aktivis mau datang dengan sukarela membantu kegian masyarakat. Saya juga ucapkan selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan berkumpul dengan kelaurga tercinta,” pungkasnya.

Yaman selaku pengurus DKM Al Munawaroh turut memberikan apresiasi atas baktinya.

“Kami dari DKM juga turut bahagia, karena bisa berbagi informasi dengan adik-adik mahasiswa serta banyak hal. Masyarakat yang kurang mampu juga merasa terbantu dengan diberikannya sembako dan yang lainnya,” tutup yaman.

(KD-24)