Polisi Sterilisasi Gereja di Majalengka Jelang Perayaan Natal

oleh -42 views

Majalengka, korandesa.id – Satuan Sabhara Polres Majalengka, Polda Jawa Barat, melakukan sterilisasi gereja jelang perayaan Natal mengunakan metal detektor, Minggu (22/12/2019). Sejumlah gereja menjadi target patroli dan pengamanan oleh Satuan Sabhara Polres Majalengka.

 

Sebelum perayaan Natal, sebanyak 10 petugas yang tergabung dalam tim sterilisasi melakukan Patroli gereja mulai hari Jumat kemarin sampai Minggu (22/12/2019) hari ini, untuk menciptakan rasa aman bagi jemaat yang akan melaksanakan ibadah Natal.

 

“Sterilisasi dan pengamanan gereja ini sebenarnya sudah dilakukan juga oleh seluruh Polsek jajaran di wilayah masing-masing. Namun untuk Tim Sterilisasi Sat Sabhara Polres Majalengka lebih memfokuskan kegiatan tersebut di beberapa gereja besar yang memiliki banyak jemaat,” ujar Kapolres Majalengka AKBP Mariyono.

 

Diketahui gereja besar yang menjadi sasaran tersebut diantaranya di wilayah Kabupaten Majalengka yaitu Gereja Penyebaran Injil Kecamatan Majalengka, Gereja Katolik Kristus Bangkit Kecamatan Kadipaten, Gereja Kristen Pasundan Cideres Kadipaten, Gereja Pantekosta Indonesia, Gereja Sending Pasundan Kecamatan Dawuan, dan Gereja Penyebaran Injil Kecamatan Jatiwangi.

 

Sterilisasi ini menggunakan berbagai perangkat metal detektor, bersenjata lengkap, dan beberapa alat lain yang cukup canggih untuk mendeteksi benda- benda berbahaya atau benda mencurigakan bahan peledak antisipasi aksi terror.

 

“Kami juga berkoordinasi dengan pengurus gereja, terkait jadwal pelaksanaan peribadatan. Harapan kita dengan patroli rutin dan sterilisasi ini, jemaat akan lebih aman untuk melaksanakan ibadah di gereja dalam natal tahun ini,” terang Kapolres AKBP Mariyono.

 

Selama proses sterilisasi, tim belum menemukan adanya benda- benda berbahaya di gereja maupun di lingkungan gereja. Namun jemaat dan majelis gereja diminta untuk tetap waspada dan meningkatkan rasa aman. Selama perayaan natal kepolisian juga akan melakukan backup keamanan bersama TNI dan Instansi terkait lain.

(Rick)