Sambut Pergantian Tahun, Paguyuban Sampurna Raga Adakan Khotmil Qur’an

Kepala Desa Pakubeureum Asep Supriatman. SH., sedang memberikan Santunan kepada anak Yatim dan Jompo disela acara baca Qur’an bersama.

Majalengka, korandesa.id – Sudah menjadi sebuah tradisi diberbagai negara termasuk Indonesia dalam rangka menyambut pergantian tahun selalu identik dengan perayaan pesta kembang api. Namun lain halnya debgan masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Sampurna Raga Desa Pakubeureum Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Dalam rangka menyambut dan mengisi datangnya pergantian tahun 2019/2020 paguyuban Sampurna Raga ini mengadakan Khotmil Quran ( membaca Kitab suci Al Qur’an ) 30 Juz selama sehari semalam yang berlangsung di Mesjid Al Ijtima desa Pakubeureum, selasa (31/12/2019).

Acara yang dipimpin Ustadz Ahmad Nawawi ini di ikuti oleh seratus lebih peserta dari warga desa pakubeureum. Adapun tujuan dari Khotmil Qur’an sendiri menurut ustadz Aceng ( sapaan akrab Ust. Ahmad nawawi ) adalah untuk meningkatkan motivasi umat islam untuk memahami dan mengamalkan Al-quran secara kaffah serta mendorong para pemuda untuk melakukan hal positif dalam menyambut pergantian tahun. ” Kamì sengaja tiap akhir tahun menjelang datangnya tahun baru selalu mengadakan khotmil Qur’an ( membaca Qur’an) 30 Juz selama sehari semalam, hal ini sengaja kami lakukan untuk mengajak para pemuda khususnya pemuda yang ada di Desa Pakubeureum untuk melakukan hal hal positif dan bermanfaat dimalam menjelang pergantian tahun yaitu dengan membaca ayat suci Al Quran bersama sama sampai khatam”, jelas Ust. Aceng yang didampingi Ketua paguyuban Sampurna Raga Momon Abu Bakar.

Ditambahkan Ust. Aceng. Acara Khotmil Qur’an yang diadakan paguyuban Sampurna raga diselenggarakan hampir tiap tahun. ” ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan khotmil qur’an dan Alhamdulillah pesertanya terus bertambah”, katanya.

Sementara itu kepala Desa Pakubeureum Asep Supriatman. SH., menyambut baik acara tersebut. Menurutnya kegiatan yang diselenggarakan oleh paguyuban Sampurna raga ini sangat positif bagi warga desa pakubeureum. ” Saya atas nama pemerintahan desa Pakubeureum sangat menyambut baik kegiatan khotmil qur’an ini, setidaknya dengan adanya kegiatan ini warga desa khususnya para pemuda dalam menyambut pergantian tahun akan terhindar dari kegiatan kegiatan yang negatif yang bisa merugikan dirinya. Dengan membiasakan diri membaca al qur’an akan menjadi amal bagi dirinya sendiri”, pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut selain bersama sama membaca ayat suci al qur’an tanpa henti selam 24 jam, juga menyerahkan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin sebanyak seratus orang lebih. ( KD -02 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.