Sebanyak 50 Warga Majalengka Mendapat Bantuan Operasi Katarak Gratis

oleh -11 views

Majalengka, korandesa.id Pemerintah Kabupaten Majalengka menggelar operasi katarak gratis di Puskesmas Cigasong, Kamis (25/02/2021).

Kegiatan operasi katarak yang diikuti sebanyak 50 orang ini, diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan RS Mata Cicendo dan Perdami Jawa Barat.

Diketahui, mayoritas yang mengikuti operasi katarak ini adalah warga Majalengka yang berasal dari wilayah utara.

Pada kesempatan itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, operasi katarak ini diperuntukan bagi warga yang kurang mampu.

Bupati mengklaim, program bakti sosial tersebut merupakan program rutin Pemkab Majalengka yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.

“Kegiatan ini akan dilakukan tiap tahunnya di beberapa tempat yang berbeda. di bulan Juni nanti kita akan melaksanakan lagi di puskesmas Malausma,” ujar Karna kepada korandesa.id.

Menurutnya, penyakit katarak banyak dialami oleh masyarakat Kabupaten Majalengka. Namun banyak juga masyarakat yang menganggap penyakit itu awalnya penyakit biasa.

“Untuk itu saya meminta kepada Dinas kesehatan melalui Puskesmas agar turun langsung mendatangi masyarakat untuk mengetahui langsung kondisi terkini kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Disamping itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Gandana Purwana menyampaikan, saat ini sedikitnya ada 1200 warga Kabupaten Majalengka yang mengidap katarak.

“Sebagian besar yang mengidap penyakit katarak ini rata-rata dialami oleh para lansia,” sambung Gandana.

Laporan: Erick Disy Darmawan