Sekitar 1620 Hektar Lahan Pertanian Gagal Panen, DKP3 Majalengka Siap Ganti Rugi Bibit Padi

oleh -15 views

Majalengka, korandesa.id Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Majalengka mencatat sekitar 1620 hektar lahan pertanian di Majalengka gagal panen dan gagal tanam akibat bencana banjir.

Kepala DKP3 Kabupaten Majalengka, Iman Firmansyah mengatakan, pihaknya akan meninjau ulang data tersebut untuk divalidasi.

Dikatakan Iman, DKP3 akan berupaya meringankan beban para petani yang mengalami kerugian akibat bencana alam tersebut.

“Bagi petani lahan pertaniannya gagal panen dan gagal tanam akibat banjir, sesuai instruksi bupati, kami akan memberi bibit padi secara gratis,” ujar Iman kepada korandesa.id, Kamis (25/2/2021).

Para petani yang terdampak banjir ini, rencananya akan diberi bibit tersebut di awal bulan Maret 2021 nanti.

“Sekarang juga kami sudah mulai menyalurkan bibit, tapi untuk yang terdampak banjir akan disalurkan awal bulan (maret) nanti,” tutur Iman.

Iman mengklaim, bibit yang akan dibagikan dari bulan Februari hingga Maret, pihaknya akan menyalurkan 152.000 ton bibit padi gratis.

“Untuk di 23 Kecamatan di Majalengka, itu semuanya gratis tidak ada pungutan apa-apa, gratis semuanya untuk rakyat,” tegas Iman.

Selain itu, DKP3 juga sempat mengajukan lahan tersebut ke Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendapatkan kompensasi.

“Tapi yang gagal panen akibat banjir di kita itu telat mendaftar, jadi gagal mendapatkan kompensasi (asuransi) dari kementan,” ujarnya.

Iman berharap kedepannya musibah banjir tersebut tidak terjadi lagi, menurutnya hal ini bisa diupayakan oleh dinas terkait untuk mencarikan solusinya.

“Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah kerjasama dengan dinas terkait, terutama dinas yang mengelola sungai di Majalengka,” ujar Iman.

“Kami mohon dinas terkait untuk melakukan normalisasi sungai, karena sungai semakin menyempit dan juga dangkal. Dan kami juga sudah kerjasama dengan PUTR bagaimana menata alur-alur aliran sungai,” sambung Iman.

Laporan: Erick Disy Darmawan