Selama KNM Mahasiswa UNMA Bangun Tungku Pembakaran Sampah

Majalengka – Guna menciptakan lingkungan yang bersih, Puluhan Mahasiswa UNMA bangun tungku pembakaran sampah selama Kerja Nyata Mahasiswa (KNM). Mahasiswa UNMA yang menjalankan pengabdian terhadap masyarakat ditugaskan di Desa Biyawak, Minggu(27/01/2019)

loading...

Pada dasarnya pembuatan tempat pembakaran sampah itu sangatlah penting bagi lingkungan sekitar agar sampah yang berserakan tidak terbawa air dan bisa menyebabkan penyumbatan pada saluran sungai. Tidak terlepas dari itu masalah sampah bila dibiarkan begitu saja maka akan menjadi masalah atau hal yang besar bagi masyarakat.

Masalah terbesar itu sendiri ialah banyaknya sampah yang tidak dibakar akan menumpuk atau masih banyak pula yang berserakan di lingkungan masyarakat dan juga di sekitar tempat pembuangan sampah itu, masalah seperti itu jangan terlalu disepelekan karna apabila hal itu disepelekan mungkin akibatnya sangatlah besar, kemudian dapat menyebabkan penumpukan sampah yang menjadi sumber penyakit bagi masyarakat.

Mahasiswa Universitas Majalengka yang sedang melakukan Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) di Desa Biyawak Kecamatan Jatitujuh dapat membantu permasalahan tersebut terutama masalah penumpukan sampah itu sendiri.

Banyak masalah dari penumpukan sampah tersebut seperti jadi tempat berkembang biaknya nyamuk, dan bibit penyakit lainnya, menyebabkan pencemaran lingkungan, lalu sampah yang menumpuk terbawa air hujan kemudian menyebabkan penyumbatan saluran air yang bisa menyebabkan banjir.

“Oleh karena itu kami membuat tempat pembakaran sampah agar dapat mengurangi penumpukan sampah non-organik, tempat pembakaran sampah tersebut kami buat dengan dibantu masyarakat dan Karang Taruna Desa Biyawak yang memanfaatkan genteng bekas sekolah SDN Biyawak sebagai bahan pokok pembuatan tempat pembakaran tersebut.” ujar salah satu mahasiswa.

Setelah pembuatan tempat pembakaran tersebut selesai, selaku Mahasiswa Universitas Majalengka yang sedang mengemban tugas dari kampus untuk menerapkan ilmu yang sudah kami pelajari agar bisa terapkan dalam membantu permasalahan yang ada di Desa Biyawak atau disebut juga (Kerja Nyata Mahasiswa) berharap kedepannya tidak ada lagi masalah pada penumpukan sampah tersebut.

“Kami harapkan semoga apa yang kami bantu selama KNM di Desa Biyawak dapat bermanfaat, dan Desa Biyawak dapat berkembang menjadi Desa yang mandiri.” Ujar ketua KNM UNMA desa biayawak.

(Erick KD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

Read more:
Kapoltes Majalengka Beri Bantuan Korban Angin Puting Beliung

Mudik Sukses, PT. LMS Bersiap Antisipasi Arus Balik

Kapolres Majalengka Pimpin Sertijab Kabag Sumda, Kasat Reskrim, Kasat Intel dan Enam Kapolsek

Close