Seminar & Sosialisasi Kebangsaan Ajak Kaum Milenial Perkokoh 4 Pilar Kebangsaan

Majalengka, korandesa.id – Sekitar Seratus peserta dari unsur pelajar dan mahasiswa hadiri seminar dan sosialisasi Empat pilar kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Pancasila sebagai dasar dan ideology negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Untuk memberikan pengarahan dan penjelasan mengenai 4 pilar kebangsaan, agar mahasiswa dan pelajar mengetahui salah satu tugasnya sebagai warga bangsa Indonesia yang baik dan sebagai agen perubahan, dengan diadakannya seminar dan sosialisasi MPR RI di gedung aula PGRI Kabupaten Majalengka, Rabu (13/03/2019).

Acara yang dimulai dari pukul 13.00 sd 15.00 WIB dihadiri oleh anggota MPR RI dan juga sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Hj. Denny Jaya Abri Yani, SE. MBA., dan Wakil Rektor I Universitas Majalengka Dr. H. Diding Bajuri, M.Si, Selain itu acara ini juga dihadiri dari Mahasiswa/i UNMA, STIE Majalengka, STAI Majalengka, STIKES Majalengka, YASIKA Majalengka dan Pelajar dari siswa/i SMK Nasional, SMK Tri Daya.

Acara dimulai dengan pembukaan menampilkan seni tari siuh dilanjut pembacaan ayat suci al-qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta sambutan dari ketua pelaksana Edi Apriadi., kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai 4 Pilar Kebangsaan oleh Dr. H. Diding Bajuri, M.Si.

Dalam sambutan ketua pelaksana Edi Apriadi ajak kaum millennial untuk tetap menjaga keutuhan 4 pondasi terbesar negara republik indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.
“Bagai manapun juga pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Merupakan sebuah pondasi yang harus kita amalkan, kita jaga dan perlu juga kita aplikasikan nilai-nilai dari kandungan 4 pilar tersebut.” Ucap edi.

Ditambah oleh Hj. Denny Jaya Abri Yani, SE, MBA., dimasa menjelang pilpres ini banyaknya berita-berita hoax yang tersebar di media sosial yang dapat memecah belah keutuhan 4 pilar negara kita, saya harap kepada kaum millennial tetap berpedoman pada bhineka tunggal ika walaupun berbeda-beda tetap satu.

Selanjutnya sosialisasi 4 pilar disampaikan oleh Dr. H. Diding Bajuri, M.Si, tentang pentingnya penghayatan dan pengamalan empat pilar, tidak hanya dalam kehidupan berbangsa bernegara, tapi juga dalam kehidupan kampus. Mahasiswa diharapkan dapat menjadikan empat pilar tersebut sebagai penunjang peranannya sebagai agen perubahan kelak di masyarakat.

(Erick KD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.